KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MATA PELAJARAN IPAS MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA SDN 3 TANGGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Isi Artikel Utama

Yulita Nurdiasti
Nourma Oktaviarini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V mata pelajaran IPAS materi organ peredaran darah manusia di SDN 3 Tanggung Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 3 Tanggung Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 15 peserta didik, 3 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1)  Tes, 2) Observasi, dan 3) Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh data rata-rata skor dari lima indikator dalah 1) Indikator menganalisis dan mengklasifikasikan pernyataan mendapatkan skor 44 dan presentase 73,3% dari 15 peserta didik yang masuk dalam kategori baik, 2) Indikator mengidentifikasi dan mengevaluasi asumsi yang ada mendapatkan skor 40 dan presentase 66,7% dari 15 peserta didik yang masuk dalam kategori baik, 3) Indikator menyusun klasifikasi dengan pertimbangan yang bernilai mendapatkan skor 51 dan presentase 85% dari 15 peserta didik yang masuk dalam kategori baik sekali, 4) Indikator menyusun penjelasan mendapatkan skor 40,5 dan presentase 67,5% dari 15 peserta didik yang masuk dalam kategori baik, dan 5) Indikator membuat kesimpulan dan argumen mendapatkan skor 40,5 dan presentase 67,5% dari 15 peserta didik yang masuk dalam kategori baik. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V mata pelajaran IPAS materi organ peredaran darah manusia SDN 3 Tanggung Kabupaten Tulungagung termasuk dalam kategori baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurdiasti, Yulita, dan Nourma Oktaviarini. “KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V MATA PELAJARAN IPAS MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA SDN 3 TANGGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4056–4069. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3597.
Bagian
Artikel

Referensi

Aisah Amalia, C. P. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran ipa di sdn karang tengah IIi kota tangerang. sibatik journal, 04.

Ekowati, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui outdoor learning berbantuan media auido visual pada peserta didik kelas IV SDN 1 Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten pONOROGO. 12.

Izzet Imaduddin, V. H. (2024). Penggunaan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Transformasi Pembelajaran Digital Berbasis Pendidikan Karakter untuk Mewujudkan Pendidikan yang bermutu dan berakhlaqul karimah, 887.

Linda Zakiah, Ika Lestari., Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran (Jakarta: Juni 2019).

Nur Fitri Amalia, L. N. (2020). analisis tingkat kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. Jurnal ika : ikatan alumni pgsd unars.

Oktaviarini, N., & Jadmiko, R. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Ips Dalam Penerapan Character Project Citizen (Cpc) Berbasis Outdoor Study (Studi Pada Siswa Kelas Iv Sdn Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar). INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 26-36.

Rizza, H. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 295.

Susanti, S. W. (2023). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWADALAM MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. Journal on Mathematics Education.

Wilda., Pemikiran Kritis Dan Kreatif (Bandung: Agustus 2022).

Ummi Nihayatul Fadlilah, K. I. (2024). Implementasi pembelajaran IPAS berbasis kurikulum merdeka belajarpada siswa kelas V. Journal on education, 1614-1615.