PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VI SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran, (2) mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar, dan (3) pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar matematika peserta didik dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVB sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Dalam penentuan sampelnya peneliti, menerapkan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan software IBM Statistics 2.5 yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitiannya yaitu (1) gambaran proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz berjalan dengan baik, (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) pengaruh peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dari hasil uji effect size sebesar 1.42 termasuk dalam kategori besar. Oleh karena itu penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik di SDN 060 Raya Barat.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Beddu, S. (2019). Implementasi pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran , 1 (3), 71-84.
Surahman, S. (2016). Determinisme teknologi komunikasi dan globalisasi media terhadap seni budaya Indonesia. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi , 12 (1), 31-42.
Mulyati, T. (2016). Pendekatan Konstruktivisme Dan Dampaknnya Bagi Hasil Belajar Matematika Siswa SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2). 1-8.
Fauzia, Hadist Awalia, (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Hlm. 40-47.
Sudjana, (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hlm. 3.
Astuti, SP (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA , 5 (1). Hlm. 2.
Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321-332.
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 6 (2), 93-99.
Yulianti, E & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/4366/282
Winataputra. 2018. Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Susanto. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Grup