PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Isi Artikel Utama

Putri Frisa Nur Anisa
Siti Maryam Rohimah
Sunata

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan berhitung perkalian peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran proses pembelajaran, 2) mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berhitung perkalian 3) mengetahui peningkatan kemampuan berhitung perkalian 4) pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan berhitung perkalian. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ininyaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Dalam penentuan sampelnya penelitian, menerapkan Teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan software IBM SPSS Statistic 2.5 yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji t, dan uji hipotesis n-gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian, 1) gambaran proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall berjalan dengan baik. 2) terdapat perbedaan kemampuan berhitung perkalian yang signifikan antara hasil posttes kelas eksperimen dan kontrol 3) ada perbedaan peningkatan kemampuan berhitung perkalian dari hasil uji gain yaitu 0.32 kategori sedang dan uji hipotesis gain ternormalisasi. 4) pengaruh peningkatan kemampuan berhitung perkalian dari hasil effect size sebesar 1.64 termasuk dalam kategori besar. Oleh karena itu penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berhitung perkalian di SDN 092 Cibadak Andir. 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anisa, Putri Frisa Nur, Siti Maryam Rohimah, dan Sunata. “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 19, 2025): 5073–5079. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3612.
Bagian
Artikel

Referensi

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Hidayah, I. (n.d.). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Hotimah, Husnul. "Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar." Jurnal edukasi 7.2 (2020): 5-11.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Putri, A. L., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 45-51.