IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTERK SISWA DI SMAN 1 PEUSANGAN SELATAN

Isi Artikel Utama

Annisa
Hariki Fitrah
Muslihin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi budaya sekolah dalam pembentukan karakter siswa di SMAN 1 Peusangan Selatan. Fokus penelitian mencakup budaya religius, budaya daerah, budaya Adiwiyata, dan budaya literasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara terhadap tiga informan utama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah yang diterapkan secara konsisten mampu membentuk karakter siswa yang religius, disiplin, peduli lingkungan, cinta budaya lokal, serta memiliki kemampuan literasi dan berpikir kritis. Implementasi budaya dilakukan melalui berbagai kegiatan rutin seperti pembiasaan ibadah, pelestarian lingkungan, pengenalan budaya daerah, dan kebiasaan membaca.Kesimpulannya, budaya sekolah yang terintegrasi berperan penting dalam membentuk karakter siswa secara holistic.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Annisa, Hariki Fitrah, dan Muslihin. “IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTERK SISWA DI SMAN 1 PEUSANGAN SELATAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4455–4462. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3641.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdul Majid. (2009). Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Penerbit Insan Cendekia.

Abuddin, Nata 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Alawiyah, et al. (2023). Formation of Student Character Through Regional Cultural at 01 Nisam Elementary School, North Aceh Regency. Int J Educ Dyn, 6(2): 412-23

Dwijonagoro, S., Endraswara, S., & Nurhidayati. (2019). Pengembangan Model Sekolah Berkarakter Budaya di Sekolah Dasar di Kecamatan Ngaglik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19 (1), 1-19.

Elkind, D., & Sweet, F. (2004). How to Do Character Education. California: Character Education Partnership.

Fauzah, et al. (2023). Formation of Student Character Through School Culture At Sawang Elementary School, North Aceh Regency. International Journal of Educational Dynamics. 6(1)

Fitrah, H., & Rambang, M. (2024). Practical Regional Cultural Values In Forming Student Character In Primary School In Central Aceh Regency. Sumatera Journal of Disaster, Geography and Geography Education, 8(2),83-88.

Hermansyah, et al. (2023). Ethnographic Studi Of School Culture in North Aceh Districh, Aceh Province..........Geogr Educ, 7(1); 87-95

Iswari, Rizky Dewi dan Suyud W. Utomo. “Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong)”. Jurnal Ilmu Lingkungan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). [Online]. Tersedia di: https://www.kemdikbud.go.id/mbkm (Diakses pada 12 Juni 2024

Krisnawati, E., Susongko, P., & Suriswo, S. (2024). Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Pacul Model CIPP (Contex, Input, Process, Product). Journal of Education Research, 5(1), 122-129.

Megawangi, R. (2003). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nasir, et al. (2023). (Jika ini merupakan buku atau artikel, tambahkan judul, penerbit, dan informasi lain yang relevan.)

Nastiti, E. D., & Suprapto, Y. (2022). Analisis Peran Budaya Sekolah Untuk Menum-Buhkan Karakter Siswa Kelas Ii Sd Negeri Kutamendala 03: Array. Dialektika Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 12(2), 999-999.

Rahmah, Y.D., Indradadi, S.S., & Riyanto. (2018). Implementasi Program Adiwiyata (Studi pada SDB Manukan Kulon III/540 kota Surabaya).

Silkyanti, (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10. (Jika Anda tahu detail jurnal).

Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar (Jakarta: Raja Grapindo Persada)