PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR BERBASIS QR-CODE MATERI SUDUT BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SDN 2 BENDUNGAN

Isi Artikel Utama

Habib Nashrudin
Rahmad Setyo Jadmiko

Abstrak

Pembelajaran matematika di sekolah dasar perlu dirancang agar menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Namun, penggunaan metode konvensional seperti papan tulis dan buku teks yang masih dominan, sering kali membuat proses pembelajaran kurang interaktif dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran roda putar berbasis QR-Code pada materi sudut bangun datar untuk siswa kelas III sekolah dasar. Media ini dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif, sehingga peserta didik dapat belajar secara aktif dan menyenangkan. Roda putar membantu siswa dalam pembelajaran berbasis aktivitas, sementara QR-Code memberikan akses ke konten digital tambahan yang memperkaya pemahaman mereka terhadap materi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh skor kelayakan dari ahli media sebesar 88%, ahli materi 94,66%, guru 91%, dan peserta didik 92,75%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran roda putar berbasis QR-Code termasuk dalam kategori sangat layak dan valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa media ini dapat meningkatkan minat belajar, keterlibatan, dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nashrudin, Habib, dan Rahmad Setyo Jadmiko. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR BERBASIS QR-CODE MATERI SUDUT BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SDN 2 BENDUNGAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4315–4326. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3785.
Bagian
Artikel

Referensi

Anggari, A. R. (2022). Pemanfaatan QR Code sebagai media akses karya tulis ilmiah di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Tugas Akhir, Program Studi Diploma III Perpustakaan dan Informasi.

Handayani, F. A., & Haryati, T. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran QR-Code sebagai upaya implementasi pendidikan sesuai kodrat zaman KHD di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 809–815.

Inayah, N., & Prayogo, M. S. (2023). Penerapan media permainan spin roda berputar untuk meningkatkan hasil belajar IPA di MI Al Islamiyah Pasuruan Tahun 2022–2023. IJSL - Indonesian Journal of Science Learning, 4(1), 12–19.

Inayah, Y., & Safari, Y. (2025). Inovasi media pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar, 9, 125–134.

Marzuki, E., Irfan, M., & Hermuttaqien, F. P. B. (2023). Pengaruh media pembelajaran roda putar terhadap motivasi belajar muatan IPA pada siswa sekolah dasar kelas IV di Kabupaten Takalar. Pinisi Journal of Education, 11(1), 79–89.

Mustakim, S., Walanda, D., & Gonggo, S. (2023). Penggunaan QR Code dalam pembelajaran pokok bahasan sistem periodik unsur pada kelas X SMA Labschool UNTAD. Jurnal Akademika Kimia, 2(4), 215–221.

Nisa, A. K. (2024). Pengembangan media pembelajaran roda putar pada mata pelajaran IPA tema ekosistem kelas V di sekolah dasar. [Skripsi atau Tugas Akhir, instansi tidak disebutkan].

Riyatno, W., & Hayuhantika, D. (2023). Pengembangan E-LKPD berbasis Articulate Storyline bercirikan RME untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial. Admathedust, 10(4), 149–159.

Saiful Rizal, A. (2023). Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era digital. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 14(1), 11–28.

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58.

Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., R, S. F. D., & M, N. A. (2024). Media pembelajaran berbasis digital untuk pelajaran Bahasa Indonesia. 18, 205–218.