HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DENGAN NILAI KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK SDN 1 TRENCENG

Isi Artikel Utama

Siti Maisaroh
Rahyu Setiani

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap nilai karakter disiplin peserta didik SDN 1 Trenceng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 peserta didik yang merupakan anggota ekstrakurikuler kepramukaan kelas 4, 5, dan kelas 6. Lokasi penelitian yaitu SDN 1 Trenceng. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (uji reliabilitas dan uji validitas), uji asumsi (uji normalitas dan uji regresi linearitas) dan uji hipotesis (uji korelasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa reliabilitas angket ekstrakurikuler kepramukaan memperoleh nilai 0.975 dan angket karakter disiplin memperolehy nilai 0.939 sehingga mendapatkan intrepetasi “reliabilitas sangat tinggi”. Hasil uji validitas angket ekstrakurikuler kepramukaan dan angket karakter disiplin menunjukkan nilai Bartlett's Test of Sphericity sebesar <0,001 sehingga data valid. Hasil uji normalitas nilai Shapiro-Wilk W pada kelas 4, 6 dan 6 memperoleh nilai sig >0,05, sehingga data angket berdistribusi normal. Hasil uji linieritas menunjukkan bahwa nilai deviation of linierity atau nilai p variabel sebesar <0.001, sehingga variabel memiliki hubungan linier. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai p <0,001 maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan hasil pearson’r sebesar 0.627, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara eketrakulikuler kepramukaan dengan nilai karakter peserta didik SDN 1 Trenceng Kabupaten Tulungagung. Ekstrakurikuler kepramukaan memiliki hubungan dengan nilai karakter disiplin melalui pembentukan karakter.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maisaroh, Siti, dan Rahyu Setiani. “HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DENGAN NILAI KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK SDN 1 TRENCENG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 13, 2025): 4977–4989. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3788.
Bagian
Artikel

Referensi

Budiman, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019. In Respository STIE Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Erlina, & Adri, H. T. (2022). Perspektif Mahasiswa Pada Matakuliah Pendidikan Kepramukaan di Program Studi PGSD Universitas Djuanda. Journal Of Education Research P, 1(2), 158–163.

Intan Oktaviani Agustina, Juliantika Juliantika, Selly Ade Saputri, & Syahla Rizkia Putri N. (2023). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001

Jatmiko, T. A., Supriyanto, A., & Nurabadi, A. (2020). Hubungan Keikutsertaan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p11

Larasati, H. A., Aguilera, F. V., Lathifa, F. W., & Lutfiyah, T. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Siswa Sekolah DasaR. Jurnal Pendas Mahakam, 8(1), 1–7.

Lawolo, F., Simanjuntak, H., Pasaribu, K. M. D., Pardede, L., & Siahaan, M. M. (2025). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sma Swasta Rk Serdang Murni Lubuk Pakam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4829–4836.

Octafiani, M., Mayasari, L. I., & Dwiprabowo, R. (2021). Hubungan Kegiatan Ekstrakulikuler Kepramukaan dengan Kedisiplinan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 513–519.

Panjaitan, M. F., Sitepu, A., Lumbangaol, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Pramuka Terhadap Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik. JurnalEducatio FKIP UNMA, 6(2), 456–461.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65

Setiawan, C. K., Yanthy, S., Mahasiswa, Y., Dosen, D., & Unsurya, M. (2020). THE BODY SHOP INDONESIA (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1–9.

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428

Suyahman. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka di Era Pandemi Covid 19 The Covid Pandemic Era 19 semua manusia dalam melakukan aktivitas kehidupannya . Kata karakter berasal dari bahasa manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jurnal Pendidikan, 29(2), 169–176.

Widayanti, Y., Iis Nurasiah, & Irna Khaleda. (2023). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Binagogik, 10(2), 159–165. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.551

Windy Antika, Ratih Ayunda, Wahyuni Amanda Hasibuan, & Monica Gabriela Nainggolan. (2024). Ekstrakurikuler Pramuka Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 202–209. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.3080