PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA INTERAKTIF MATERI TATA SURYA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LARNING (PBL) PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 1 KEBOIRENG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Minimnya penggunaan teknologi dalam Pendidikan, guru jarang sekali menggunakan media untuk mendukung kegiatan belajar mengajar mereka memotivasi penelitian untuk membuat materi pembelajaran diorama interaktif tentang Tata Surya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan materi pendidikan diorama interaktif tentang tata surya. Model ADDIE yang merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Salah satu cara untuk menerapkan teknik pengumpulan data adalah dengan menguji validitas media, survei, dan ahli materi pelajaran. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari Ahli Materi Pelajaran, Ahli Media, Kuesioner Respon Guru, dan Kuesioner Respon Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas media pembelajaran diorama interaktif dinilai oleh ahli media 1 dan 2, yang memberikan skor masing-masing 82,6% dan 93,3%, dan ahli materi pelajaran 1 dan 2, yang memberikan skor masing-masing 84% dan 94%. Angket jawaban guru memperoleh skor 96%, sedangkan angket respon siswa memperoleh skor 93,2%. Hasil ini diperoleh dari tanggapan guru dan siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahan ajar diorama interaktif sangat layak digunakan di SDN 1 Keboireng untuk memotivasi siswa dalam mengikuti pelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
ABIDIN, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Amalia, M. D., Agustini, F., & Sulianto, J. (2018). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagogia, 20(2), 185. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.9850
Anatasya, E. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SD. 05(03), 5833–5840.
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.
Arsyad, I., Panai, A. H., & Marshanawiah, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Sekolah Dasar. 7(2), 790–803.
Astuti, T., Hidayat, S., & Rusdiyani, I. (2021). Efektivitas media komik berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD negeri karundang 2. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 150–164.
Dalimunthe, A., Affandi, M., & Suryanto, E. D. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Teknik Digital Model Addie. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(1), 17. https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26777
Deliana, A., Romalinca, R., Omerlin, O., Krisbet, K., & Meldawati, M. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Luring. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(2), 298–303. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i2.1258
Dewi, S. S., Ruhiat, Y., Guntara, Y., Adi, N. P., Fisika, P., Sultan, U., Tirtayasa, A., Banten, S., Fisika, P., & Tengah, W. J. (2019). INTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENGEMBANGAN MOBILE APPS FISIKA PADA MATERI SUHU DAN. 5(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v5vi2i.110
Fahyuni, E. F., & Pembelajaran, I. M. (2020). Tetapi Penggunaan Media Dalam Proses Belajar Mengajar Itu Bertujuan Untuk.
Fardiana, N., Sari, T. T., & Kadarisman. (2023). Pengembangan Media Diorama Sains Pada Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ellak Laok IV. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 44–53. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.1331
Fawwaziara, E. S., Rahmawati, C., & Dewi, N. R. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model PBL Berbasis Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran IPA Kelas VII-A SMP N 13 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas, 415–424. https://proceeding.unnes.ac.id/snpptk/article/view/3167
Febriyana, S., Ahied, M., Fikriyah, A., & Yasir, M. (2021). Profil Pemahaman Konsep Siswa Smp Pada Materi Tata Surya. Natural Science Education Research, 4(1), 56–64. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8140
Jeanne Clarisa Wetik, W. (2017). Kata kunci و. Kinabalu, 11(2), 50–57.
Tari, E., Hendrik, A. ., & Liufeto, M. C. (2022). Kesiapan Sekolah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Rote Ndao. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.
Yuanata, B. E., Dwikoranto, D., & Setiani, R. (2023). Profile of the PhET Assisted Problem-Based Learning Model for Improving Critical Thinking Skills of High School Students. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 11(3), 870. https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.8415