PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBANTUAN QR-CODE PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SDIT AL-ASROR RINGINPITU

Isi Artikel Utama

Delki Kurnia
Rahmad Setyo Jadmiko

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ular tangga berbantuan qr-code materi sisitem organ tubuh manusia serta mengetahui proses pengembangan produk, kevalidan produk, dan keterterapan produk. Penelitian ini menggunakan metode dengan model ADDIE meliputi Analysis, Design, Devolopment, Implementation, dan Evalution. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran ular tangga berbantuan qr-code materi sistem organ tubuh manusia yang menunjukkan bahwa  tingkat kevalidan media  pembelajaran ular tangga berbantuan qr-code dari ahli media mendaptkan skor 96,25%, sedangkan ahli materi medapatkan skor 87,69%. Hasil angket respon guru mendapatkan skor 95%, sedangkan angket respon peserta didik mendapatakan skor 91,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Ular Tangga Berbantuan Qr-Code  sangat valid dan layak digunakan digunakan sebagai media pembalajaran di SDIT Al-Asror Ringinpitu sehingga membuat peserta didik aktif dan tertarik dalam pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kurnia, Delki, dan Rahmad Setyo Jadmiko. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBANTUAN QR-CODE PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI SISTEM ORGAN TUBUH MANUSIA KELAS V SDIT AL-ASROR RINGINPITU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2912–2922. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3815.
Bagian
Artikel

Referensi

Anggraeni, N. O., Abidin, Y., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 22. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v8i1.3976

Arhinza, A., Sukardi, S., & Murjainah, M. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6518–6528. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873

Azzahra, T. S., Mulyono, D., & Kusnanto, R. A. B. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbantuan Qr-Code Kelas V Sdit an-Nida. LJESE (Linggau Jurnal Of Elementary School Education), Vol. 2(No. 3), 104–112.

Hasanah, O. N., & Surakarta, U. M. (2024). DI SEKOLAH DASAR ELSE ( Elementary School Education. 8(1), 204–213.

Herdianti, N. P., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1592–1603. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7393

Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Jote: Journal On Teacher Education, 4(1), 54–61.

Neneng Widya Sopa Marwa, Herlina Usman, B. Q. (2023). METODIK DIDAKTIK : Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. 18(2), 54–64.

Rahayu, A. R. D., Febriandi, R., & Egok, A. S. (2022). Pengembangan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Sungai Jauh. Linggau Jurnal of Elementary School Education, 2(2), 1–14.

Astutik, L. S., Ana, R. F. R., Ulum, B., & Jadmiko, R. S. (2024). Pengembangan LKPD Mengenal Huruf Alfabet dan Coding Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(2), 100–103. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v9i02.7957

Rahmayani, R., Anwar, R. B., & Vahlia, I. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Disertai Qr Code Pada Materi Logaritma. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4703

Riandita, L., Sanjaya, R., Muftachina, N., & Anggraeni, D. (2023). Implementasi Penggunaan Qr Code Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Salafiyah Pekalongan. Mozaic : Islam Nusantara, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.47776/mozaic.v9i1.651

Septiani, M., Zain, M. I., & Hasnawati, H. (2024). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 208–215.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728

Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 26–32. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.1