EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR BERHITUNG MATERI BANGUN RUANG PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V SDN 1 JEPUN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Isi Artikel Utama

Jaya Abdillah
Rahmad Setyo Jadmiko

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media game Educaplay terhadap hasil belajar berhitung materi bangun ruang pada siswa kelas V SDN 1 Jepun. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa materi bangun ruang sering dianggap sulit dan pembelajaran konvensional kurang menarik, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Educaplay sebagai media interaktif berbasis teknologi dinilai mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Two Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian melibatkan dua kelas, yaitu kelas V A (kontrol) dan V B (eksperimen), dengan total 62 siswa. Instrumen tes telah diuji validitas (KMO = 0.754, p < 0.001) dan reliabilitas (Cronbach’s Alpha = 0.939), menunjukkan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan homogenitas sebagai prasyarat uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Educaplay efektif meningkatkan hasil belajar. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen meningkat dari 51,3 menjadi 81,3. Hasil uji Independent Sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (t = -10.219, p < 0.001) dengan mean difference -23,5 dan effect size 2.74 (kategori sangat besar). Kesimpulannya, media Educaplay efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika, khususnya pada materi bangun ruang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Abdillah, Jaya, dan Rahmad Setyo Jadmiko. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR BERHITUNG MATERI BANGUN RUANG PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V SDN 1 JEPUN TAHUN PELAJARAN 2024/2025”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2964–2973. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3912.
Bagian
Artikel

Referensi

A.Siroj1, R., Afgani2, W., Fatimah3, Septaria4, D., Zahira, G., & Salsabila. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.

Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. Https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249

Amry, Z. (n.d.). Uji Normalitas Dan Homogenitas Dalam Penelitian Kuantitatif.

Djollong, A. F. (2019). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantiative Research). Istiqra’, 2(1), 86–100.

R Core Team (2024). R: A Language and environment for statistical computing. (Version 4.4) [Computer software]. Retrieved from https://cran.r-project.org. (R packages retrieved from CRAN snapshot 2024-08-07).

Revelle, W. (2023). psych: Procedures for Psychological, Psychometric, and Personality Research. [R package]. Retrieved from https://cran.r-project.org/package=psych.

Sa’adah, I. L., & Pertiwi, F. N. (2022). Pengaruh Model pjbl Berbasis Literasi Ilmiah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 13–22. Https://doi.org/10.21154/jtii.v2i1.464

Sari, I. Dwi P. (2015). Pengaruh Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Ngimbang. Jurnal MahasiswaTeknologi3(2),2Http://ejournal.unesa.ac.id/article/15402/38/article.pdf

Sintia Sri Rahayu, S., Rakhmat, C., & Zahara Nurani, R. (2024). Esensi Pendidikan Inspiratif. Juni, 6(2), 343. Https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Syarifah, D., Damayanti, R., Dwiyanto, M., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2024). Pemanfaatan Video Animasi dan Games Educaplay untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Sejarah Pancasila. 1(1), 63–71.

Utami, R. D., Wibawa, S., & Marzuki. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Educaplay Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Aturan di Rumah dan Sekolah. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5808–5818. Https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11810

Wiryanto. (2020). 9352-Article Text-28312-2-10-20200709. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 1–8. Https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/9352/4127

Yunanda Pradiani, N. P. W., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1456–1469. Https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1503