PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) PADA SISWA KELAS 1 UPT SD NEGERI SUGIHWARAS 1 PARENGAN KABUPATEN TUBAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan membaca permulaan oleh kelas 1 yang masih kurang terampil dan membutuhkan tindakan khusus. Tujuan peneliti menitik beratkan pada peningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media flashcard atau kartu bergambar pada siswa kelas 1 UPT SD Negeri Sugihwaras 1 Parengan Kabupaten Tuban, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diawali dengan siklus pertama yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Hasil observasi selama penelitian di kelas 1 UPT SD Negeri Sugihwaras 1 Parengan Kabupaten Tuban, keterampilan membaca siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebelum dan sesudah menggunakan media kartu bergambar (flashcard). Pengukuran peningkatan aktivitas belajar siswa diukur melalui evaluasi siklus I dan II, dengan hasil evaluasi pada siklus I sebesar 67,5%, kemudian hasil evaluasi pada siklus II sebesar 78,75%, yang kemudian dibulatkan dengan hasil akhir pada siklus I sebesar 68 yang berarti belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP), kemudian pada siklus II sebesar 78 yang berarti sudah mencapai KKTP. Dengan adanya peningkatan pada setiap indikator tes ketuntasan dan tercapainya ketuntasan klasikal, dapat diambil kesimpulan bahwa pemanfaatan kartu bergambar (flashcard) berpotensi meningkatkan keterampilan membaca permulaan di kalangan siswa kelas satu di UPT SD Negeri Sugihwaras 1 Parengan di Kabupaten Tuban.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ai Resti, A. R., Indihadi, D., & Saputra, E. R. (2023). Analısıs Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar dı Masa Pandemı. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 1006–1014. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5316
Aprilia, ulfiatul inka, Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.
Astutik, A. P., Ridwan, M., & Abidin, R. (2023). Penggunaan Media Kartu Angka. 4(3), 175–178.
Cahyanti, N. R., William, N., & Nurmalasari, W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2170–2182. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6160
Firdaus, A., & Dea, M. (2020). Problematika Guru dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Haziatun Syakira, Ratnawati, & Lika Apreasta. (2023). Pengembangan E-Lkpd Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Elemen Membaca Dalam Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 857–869. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1567
Huljannah Arianto, M., Sabani, F., Rahmadani, E., Sukmawaty, S., Guntur, M., & Irfandi, I. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 23–31. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.711
Husein, A. M. (2023). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD (KARTU BERGAMBAR) Di MTS DARUL ULUM AL FATHONY KENDIT. 13(1), 298–308. https://doi.org/10.31862/9785426311961
Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36–42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301
Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index
Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Berajah Journal, 2(1), 301–306.
Rahma Nur, S., Deyanti, F., & Fitriyah, M. (2024). Peran Membaca dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Kalangan Mahasiswa. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 100–108. https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.750
Ruslan & Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775. www.perpusnas.go.id
Septiana Soleha, R., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58–62. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50
Suryana, A., Zaki, I. B., Sua, J., Phua, G., Jekson, J., & Celvin, C. (2021). Pentingnya Membaca Buku bagi Generasi Baru di Era Teknologi Bersama Komunitas Ayobacabatam. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3, 715–720. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/6010
Zahara Nurani, R., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971