PENGEMBANGAN E- MODUL BERBASIS CANVA PADA TOPIK MEMBACA TEKS DI KELAS IV SDN 1 TRENCENG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Isi Artikel Utama

Dwi Rahayu Prastyani
Janattaka Nugrananda
Sari Eka Yuliana

Abstrak

Penelitian pengembangan E- Modul berbasis canva dilatarbelakangi oleh Pembelajaran siswa kelas IV masih didominasi oleh metode ceramah dan tanya jawab, dengan sumber belajar yang terbatas pada buku Cerdas Tangkas tanpa variasi bahan ajar yang menarik, Guru jarang menggunakan bahan ajar yang bervariatif dalam kegiatan pembelajaran, padahal sekolah telah menyediakan perangkat dan fasilitas penunjang.E- Modul berbasis canva terfokus pada topik membaca teks pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Kevalidan pengembangan media ini ditentukan dari hal validasi ahli media dan ahli materi. Hasil uji coba kelayakan E- Modul berbasis canva ahli media mendapat skor presentase 92,5% dengan kategori “sangat valid”. Penilaian ahli materi memperoleh skor presentase yaitu 91,25% dengan kategori “sangat valid”. Uji coba lapangan pada 18 peserta didik kelas IV SDN 1 Trenceng memperoleh skor presentase 94% dengan kategori “sangat valid”. E- Modul dikategorikan sangat valid digunakan apabila E- Modul sesuai dengan kebutuhan pembelajaran serta dapat mendukung isi dari materi pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Prastyani, Dwi Rahayu, Janattaka Nugrananda, dan Sari Eka Yuliana. “PENGEMBANGAN E- MODUL BERBASIS CANVA PADA TOPIK MEMBACA TEKS DI KELAS IV SDN 1 TRENCENG KABUPATEN TULUNGAGUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3049–3061. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3930.
Bagian
Artikel

Referensi

Andani, I. H., Chotimah, C., & Umardiyah, F. (2024). Pengembangan E-Modul Materi Hormat Dan Patuh Kepada Orang Tua Dan Guru Sebagai Penguatan Literasi Digital Siswa. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 22–31.

Andrianingsih, R., & Mustika, D. (2022). Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Siswa di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6164–6172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3388

Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). Pentingnya Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(1), 114–119. https://doi.org/10.58218/alinea.v2i1.172

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7933

Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Indonesian Language Learning in Elementary Schools Through Life Skills Education Model. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 13(1), 40. https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).40-62

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Nurrita. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84.

Oktavia, A. S., Djumingin, S., & Munirah. (2021). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Berbasis Web di SMK Negeri 2 Wajo. Jurnal Universitas Negeri Makasar, 1(1), 1–14.

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335

Rizanta, G., & Arsanti, M. (2022). Prosiding. 560–568.

Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis melejit dengan membukukan rekor Salah satu pemasukan terbesarnya datang dari pengguna premium yang berjumlah sebanyak. Ikraith-Teknologi, 6(74), 62–68.