PENGEMBANGAN E- LKPD BERBASIS WEBSITE WIZER.ME PADA TOPIK MEMBACA CERITA DAN MEMAHAMI BACAAN KELAS IV SDN 1 TRENCENG

Isi Artikel Utama

Hafizhah Budiningtyas
Janattaka Nugrananda

Abstrak

Penelitian pengembangan E- LKPD berbasis wizer.me dilatarbelakangi oleh Pembelajaran siswa kelas IV masih didominasi dengan sumber belajar yang terbatas pada buku Cerdas Tangkas tanpa variasi bahan ajar yang menarik, Guru jarang menggunakan bahan ajar yang bervariatif dalam kegiatan pembelajaran, padahal sekolah telah menyediakan perangkat dan fasilitas penunjang.E- LKPD berbasis wizer.me terfokus pada topik membaca cerita dan memahami bacaaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Kevalidan pengembangan media ini ditentukan dari hal validasi ahli media dan ahli materi. Hasil uji coba kelayakan E- LKPD berbasis wizer.me ahli media mendapat skor presentase 96,25% dengan kategori “sangat valid”. Penilaian ahli materi memperoleh skor presentase yaitu 93,75% dengan kategori “sangat valid”. Uji coba lapangan pada 18 peserta didik kelas IV SDN 1 Trenceng memperoleh skor presentase 94% dengan kategori “sangat valid”. E- LKPD dikategorikan sangat valid digunakan apabila E- LKPD sesuai dengan kebutuhan pembelajaran serta dapat mendukung isi dari materi pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Budiningtyas, Hafizhah, dan Janattaka Nugrananda. “PENGEMBANGAN E- LKPD BERBASIS WEBSITE WIZER.ME PADA TOPIK MEMBACA CERITA DAN MEMAHAMI BACAAN KELAS IV SDN 1 TRENCENG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3062–3074. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3931.
Bagian
Artikel

Referensi

Azahra, N. I., Sundari, F. S., & Mirawati, M. (2024). Pengembangan E- LKPD Menggunakan

Plikasi Wizer.me Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Norma dan Adat Istiadat Daerahku. Didaktik:

Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 1658–1667.

Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi

Pembelajaran Wizer.Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. JPIG (Jurnal

Pendidikan dan Ilmu Geografi), 8(1), 31–38. https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7361

Faidah, N., Usman, H., Yarmi, G., Jakarta, U. N., & Genre, B. (2024). Analisis Kebutuhan

Pengembangan E-LKPD Interaktif. Jurnal Pendidikan, 9(2), 225–233.

Oktaviani, F., Mulyawati, Y., & Susanto, L. H. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif

Berbasis Wizer. Me pada Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

(3), 637–648.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal

PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202.

Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1), 24

https://rumahjurnal.net/sagacious/article/view/1139

Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): konsep, jenis, tahapan dan

kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.