MODEL EVALUASI CIPP SEBAGAI ALAT UKUR EFEKTIVITAS KURIKULUM BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas kurikulum Bahasa Arab yang diterapkan di MIN 2 Tangerang Selatan dengan fokus pada penggunaan evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Evaluasi kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah memiliki peran strategis dalam membentuk karakter islami dan kompetensi dasar keagamaan siswa. Penelitian bertujuan untuk mengukur sejauh mana kurikulum Bahasa Arab ini berjalan sesuai tujuan dalam konteks MIN 2 Tangerang Selatan. Metode penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Pada aspek konteks, kurikulum Bahasa Arab di MIN 2 Tangerang Selatan telah disusun selaras dengan visi madrasah, yakni melalui implementasi Kurikulum Berbasis Cinta yang menekankan nilai-nilai religius dan humanistik. Pada aspek input, kualifikasi guru, bahan ajar, dan sarana prasarana dinilai memadai meski masih terdapat kekurangan pada koleksi perpustakaan. Dari aspek proses, pembelajaran berlangsung aktif dan variatif dengan pendekatan kontekstual yang mendorong keterlibatan siswa. Sementara itu, pada aspek produk, nilai raport siswa menunjukkan capaian hasil belajar yang tergolong baik hingga sangat baik, dengan mayoritas siswa memperoleh nilai di atas KKM. Penelitian ini membuktikan bahwa model evaluasi CIPP efektif dalam menilai efektivitas kurikulum secara menyeluruh dan dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan pendidikan berbasis data.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Asesemen, P. P. dan. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen RA, MI, MTs, MA, dan MAK. Kementrian Agama Republik Indonesia.
Dicky Artanto, Hasan Ibadin, & Suwadi. (2023). Penerapan Evaluasi CIPP (Context, Input, Process,Product) Dalam Program Rintisan Madrasah Unggul Di MTsN 1 Yogyakarta. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 68–82. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.543
Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Revorma : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i1.314
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (Y. Novita, Ed.). PT Global Eksekutif Teknologi.
Fuadi, A. S., & Anas, M. (2019). Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi.
Hattarina, S., & Agustin, R. (2021). EVALUASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA SEKOLAH DASAR.
Huda, N., & Dahliana, D. (2023). Evaluasi Program Model CIPP di Perguruan Tinggi Islam (N. Alfinuri, Ed.; 1st ed.). Ruang Karya.
Ifendi, M. (2025). Kurikulum Cinta: Membangun Paradigma Pendidikan Berbasis Kasih Sayang Di Madrasah. As-Sulthan Journal Of Education, 1(4), 698–711.
Jumari, & Suwendi. (2020). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN Madrasah Ramah Anak Tinjauan Teoretis dan Praktis Berbasis CIPP Model (1st ed.). CV. Adanu Abimata.
Kementerian Agama, R. (2022). KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR 3211 TAHUN 2022 TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH.
Kementerian Agama, R. (2024). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3302 Tahun 2024 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.
Kurikulum Cinta Di Madrasah, P. (2025). Kurikulum Berbasis Cinta di Madrasah Panduan Implementasi Kurikulum Berbasis Cinta di Madrasah (D. K. Madrasah, Ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia.
Mairi, A., Program, K., Pendidikan, S., Arab, B., Tarbiyah, F., Keguruan, I., Kerinci, I., Kapten, J., Desa, M., Liuk, S., Sungai, K., & Kerinci, P. (2024). Urgensi Pendidikan Bahasa Arab untuk Anak-Anak : Investasi Cerdas untuk Masa Depan. Journal on Education, 06(04).
Nation, I., & Macalister, J. (n.d.). Language Curriculum Design.
Ni’mah, I. N., Zamzami, M. I., Nasiruddin, N., & Uzza, H. U. (2023). Evaluasi Kurikulum Qawa’id dengan Model CIPP di Madrasah Diniyyah Salafiyyah 4 Al-Munawwir Krapyak. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(2), 98–112. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i2.853
Pettalongi, S. S., Jurusan, D., Stain, T., & Palu, D. (2009). Lembaga Pengkajian Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Masyarakat (LP4M) Palu Evaluasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 11, Issue 6).
Pulungan, Z., & Soantahon, S. M. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis MOOC dengan Pendekatan Design Thinking. Jurnal Kewidyaiswaraan, 9(2), 103–109.
Suri, S., & Hariyati, N. (2024). Studi Literatur: Model Evaluasi CIPP dalam Evaluasi Pendidikan. JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan), 10(1), 20–30.
Yunus, M. (2023). DASAR - DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM (I. Atika putri, Ed.; 1st ed.). PT Literasi Nusantara Abadi Group.
Zulkifli, Z., & Royes, N. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 120–133. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1646