EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Hawa Rajani
Lyana Sunanto
Ririn Andriani Kumala Dewi

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selain itu, siswa juga kesulitan dalam memahami materi dan merasa pembelajaran di kelas cenderung monoton. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yakni untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian true experimental design, dengan jenis desain pretest posttest control grup design. Subjek penelitian ini adalah kelas III SD Negeri 2 Karangampel dengan jumlah sampel yakni 47 siswa. Pada desain ini, dalam pemilihan kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen dipilih secara random atau acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pembelajaran berdiferensiasi cukup efektif pada pelajaran matematika dengan nilai rata-rata 73%. (2) terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika, hal ini terlihat dari sig (2- tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa model pembelajaran berdiferensiasi secara statistik lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi ini efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 2 Karangampel.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rajani, Hawa, Lyana Sunanto, dan Ririn Andriani Kumala Dewi. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4120–4132. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4173.
Bagian
Artikel

Referensi

Adelianty, V., Pada, A., Karmila, W., & Achmad, S. (2024). Efektifitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 57 Pepabri kota Palopo. Jurnal Metafora Pendidikan, 2(2), 46–59. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36404

Afandi, & Ningsih, K. (2020). Taksonomi dan Model Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi. In Untan Press.

Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalammenjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Arafah, A. A., Sukriadi, & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946 Implikasi

Ardiansyah, K., Edy, S., & Bahrudin, E. R. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 549. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7427

Armadhani, R., & Utama, C. (2024). Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi Melalui Media Pembelajaran Konkret , Video , Dan PPT Interaktif Pada Kelas 5 SD. Journal of Language, Literature, and Arts, 4(4), 421–427. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p421-427

Asiyah, S. R. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SDN Bulukerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 1995–2014. https://jurnal.widyahumaniora.org/

Azura, F. M., & Rakhmawati, F. (2024). Pengaruh Penerapan Pendekatan Diferensiasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 7(2), 211–220. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v7i2.12737

Azzahrah Putri, R., Magdalena, I., Fauziah, A., & Nur Azizah, F. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163. http://cerdika.publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/index

Baehaqi, M. L., & Andriyani, D. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Paguyangan. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(2), 348–363. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.943

Cahyadi, M. R., Darmayanti, R., Muhammad, I., Sugianto, R., & Choirudin. (2023). Rubrik Penilaian Tes Esai dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Sains Dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 37–43. https://doi.org/10.51806/jspm.v1i2.55

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504 ISSN

Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.38

Fithriyah, D. N. (2024). Teori-Teori Belajar dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Jemi, 2(1), 12–21. https://doi.org/https://doi.org/10.61815/jemi.v2i1.341

Fitriani, N. (2021). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Dan Efektivitas Pengecoh Soal Pelatihan Kewaspadaan Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 199. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4956

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hakim, R. Al, Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan Reliabilitas angket motivasi Berprestasi. 4(4), 263–268.

Hayati, R., Prima, W., Wulandari, S., Yunita, A. P., Mulyati, A., & Azmi, K. (2023). Model Pembelajaran STEAM (Science, Techonology, Engineering, Art, and Math) dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Pembelajaran Berdiferensiasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2591–2603. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5723

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/doi.org/10.21009/PIP.352.10 Volume

Jabar, C. S., & Ismail. (2024). Makna Pembelajaran Melalui Berbagai Tipe Guru Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal InovasiPendidikan, 7(1), 33–39.

Jenyana, I. M. R. (2022). Pembelajaran Yang Berdiferensiasi. Inovasi Jurnal Guru, 8(17), 31–37. http://www.jurnalinovasi.org/index.php/IJG/article/view/267

Khoiriyah, F., Yustitia, V., & Supratiwi, W. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika : Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar. Journal Innovation in Education, 2(3), 353–358. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/inoved.v2i3.1777

Laila, Z., Aima, Z., & Yunita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Horizon Pendidikan, 1(3), 588–600. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i3.5257

Lestari, S., Manurung, A. A., & Sumarni, S. (2024). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasi dalam Pembelajaran IPA SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10622–10628. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5476

Made Risa Kusadi, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Vak Dengan Multimoda Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 19(1), 55–60. https://ojs.universitastabanan.ac.id/index.php/majalah-ilmiah-untab/article/view/149

Magdalena, I., Anggraini, I. A., & Khoiriah, S. (2021). Analisis Daya Pembeda, Dan Taraf Kesukaran Pada Soal Bilangan Romawi Kelas 4 Sdn Tobat 1 Balaraja. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 151–158. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/nusantara.v7i2

Mahfudz. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188

Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Muthma’innah, M., Amri, F., & Silitonga, F. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Strategi Pembelajaran. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.61456/tjiec.v4i2.162

Nisa, S. A., & Wandani, R. W. (2023). Strategı Pemecahan Masalah Untuk Mengatası Rendahnya Kemampuan Pemecahan Masalah Sıswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 242–249. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5351

Nopriyanti, W., & Ikrima Mailani, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v2i2.775

Noprizal, T., Sadat, A., & Harisuddin, M. I. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Mathematics Education, 1(2), 1–10. https://ejournal.universitasmandiri.ac.id/index.php/joume/issue/view/8

Nunung, K. L., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 137–144. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Nurjanah, N., & Syamsudin, S. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Di SD Negeri 1 Imbanagara Raya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 053–057. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jmp.v11i1.7707

Oktafiani, D. F., Damayanti, H., & Hardianti, R. D. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII-D di SMP N 11 …. Semnas Hasil Penelitian Tindakan Kelas Dan Publikasi Ilmiah, 362–370.

Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran.

Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet

Pratidina, D. A., & Nindiasari, H. (2023). Pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kerangka kerja TPaCK: kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1841–1850. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.15834

Pratiwi, K. ayu mutiara. (2024). Efektifitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan, 14(2), 194–206.

Purnawanto, A. T. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 34–54. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152

Rahma, T. T., & Sutami, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Realistik dengan Langkah Polya Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1416–1426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2406

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Rahmatullah, A., Yensy, N. A., Agustinsa, R., Utari, T., & Stiadi, E. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 272–285. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.272-285

Rahmawati, K., Kurniawan, A., Ferrary, C. H., Krismawati, B. M., Safitri, R. Y., & Hikmah, U. N. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Matematika Di SD Negeri Ploso. Elementary Shcool, 12(1), 83–93. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28459981/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.resenv.2025.100208%0Ahttp://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps:

Sabrina, F., & Anggraini, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dengan Metode Permainan Sesiku untuk Pengetahuan Fenomena Gempa Bumi Siswa SD Kabupaten Kepahiang. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 439–452.

Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1707–1715.

Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(3), 1–23. http://jonedu.org/index.php/joe%0AModel

Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Satuti, H. W. D., Fajriyah, K., & Damayani, A. T. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tahapan Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung. Wawasan Pendidikan, 3(2), 595–608. https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12299

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06

Sonjaya, R. P., Aliyya, F. R., & Naufal, S. (2025). Pengujian Prasyarat Analisis Data Nilai Kelas : Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 1627–1639.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahya. In Surya Cahya.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391

Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2), 754–764. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475

Syukriya, A. U. (2024). Efektifitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Metode Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab. Mahira: Journal of Arabic Studies, 4(1), 17–34. https://doi.org/https://doi.org/10.55380/mahira.v4i1.918

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Wardani, K., & Darmawan, P. (2024). Keragaman Peserta Didik Untuk Memenuhi Target. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(7). https://doi.org/10.17977/um067.v4.i7.2024.2

Wibowo, V. R., & Darmawan, P. (2024). Interpretasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Pemenuhan Target Kurikulum Merdeka Terhadap Keragaman Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(1), 2024. https://doi.org/10.17977/um067.v4.i1.2024.3