EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selain itu, siswa juga kesulitan dalam memahami materi dan merasa pembelajaran di kelas cenderung monoton. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yakni untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian true experimental design, dengan jenis desain pretest posttest control grup design. Subjek penelitian ini adalah kelas III SD Negeri 2 Karangampel dengan jumlah sampel yakni 47 siswa. Pada desain ini, dalam pemilihan kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen dipilih secara random atau acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pembelajaran berdiferensiasi cukup efektif pada pelajaran matematika dengan nilai rata-rata 73%. (2) terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika, hal ini terlihat dari sig (2- tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa model pembelajaran berdiferensiasi secara statistik lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi ini efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 2 Karangampel.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Adelianty, V., Pada, A., Karmila, W., & Achmad, S. (2024). Efektifitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 57 Pepabri kota Palopo. Jurnal Metafora Pendidikan, 2(2), 46–59. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36404
Afandi, & Ningsih, K. (2020). Taksonomi dan Model Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi. In Untan Press.
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalammenjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Arafah, A. A., Sukriadi, & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946 Implikasi
Ardiansyah, K., Edy, S., & Bahrudin, E. R. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 549. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7427
Armadhani, R., & Utama, C. (2024). Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi Melalui Media Pembelajaran Konkret , Video , Dan PPT Interaktif Pada Kelas 5 SD. Journal of Language, Literature, and Arts, 4(4), 421–427. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p421-427
Asiyah, S. R. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SDN Bulukerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 1995–2014. https://jurnal.widyahumaniora.org/
Azura, F. M., & Rakhmawati, F. (2024). Pengaruh Penerapan Pendekatan Diferensiasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 7(2), 211–220. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v7i2.12737
Azzahrah Putri, R., Magdalena, I., Fauziah, A., & Nur Azizah, F. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163. http://cerdika.publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/index
Baehaqi, M. L., & Andriyani, D. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Paguyangan. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(2), 348–363. https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.943
Cahyadi, M. R., Darmayanti, R., Muhammad, I., Sugianto, R., & Choirudin. (2023). Rubrik Penilaian Tes Esai dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Sains Dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 37–43. https://doi.org/10.51806/jspm.v1i2.55
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504 ISSN
Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.38
Fithriyah, D. N. (2024). Teori-Teori Belajar dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Jemi, 2(1), 12–21. https://doi.org/https://doi.org/10.61815/jemi.v2i1.341
Fitriani, N. (2021). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Dan Efektivitas Pengecoh Soal Pelatihan Kewaspadaan Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 199. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4956
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hakim, R. Al, Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan Reliabilitas angket motivasi Berprestasi. 4(4), 263–268.
Hayati, R., Prima, W., Wulandari, S., Yunita, A. P., Mulyati, A., & Azmi, K. (2023). Model Pembelajaran STEAM (Science, Techonology, Engineering, Art, and Math) dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Pembelajaran Berdiferensiasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2591–2603. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5723
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/doi.org/10.21009/PIP.352.10 Volume
Jabar, C. S., & Ismail. (2024). Makna Pembelajaran Melalui Berbagai Tipe Guru Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal InovasiPendidikan, 7(1), 33–39.
Jenyana, I. M. R. (2022). Pembelajaran Yang Berdiferensiasi. Inovasi Jurnal Guru, 8(17), 31–37. http://www.jurnalinovasi.org/index.php/IJG/article/view/267
Khoiriyah, F., Yustitia, V., & Supratiwi, W. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika : Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar. Journal Innovation in Education, 2(3), 353–358. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/inoved.v2i3.1777
Laila, Z., Aima, Z., & Yunita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Horizon Pendidikan, 1(3), 588–600. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i3.5257
Lestari, S., Manurung, A. A., & Sumarni, S. (2024). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasi dalam Pembelajaran IPA SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10622–10628. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5476
Made Risa Kusadi, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Vak Dengan Multimoda Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 19(1), 55–60. https://ojs.universitastabanan.ac.id/index.php/majalah-ilmiah-untab/article/view/149
Magdalena, I., Anggraini, I. A., & Khoiriah, S. (2021). Analisis Daya Pembeda, Dan Taraf Kesukaran Pada Soal Bilangan Romawi Kelas 4 Sdn Tobat 1 Balaraja. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 151–158. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/nusantara.v7i2
Mahfudz. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192
Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807
Muthma’innah, M., Amri, F., & Silitonga, F. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Strategi Pembelajaran. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.61456/tjiec.v4i2.162
Nisa, S. A., & Wandani, R. W. (2023). Strategı Pemecahan Masalah Untuk Mengatası Rendahnya Kemampuan Pemecahan Masalah Sıswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 242–249. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5351
Nopriyanti, W., & Ikrima Mailani, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v2i2.775
Noprizal, T., Sadat, A., & Harisuddin, M. I. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Mathematics Education, 1(2), 1–10. https://ejournal.universitasmandiri.ac.id/index.php/joume/issue/view/8
Nunung, K. L., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 137–144. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Nurjanah, N., & Syamsudin, S. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Di SD Negeri 1 Imbanagara Raya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 053–057. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jmp.v11i1.7707
Oktafiani, D. F., Damayanti, H., & Hardianti, R. D. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII-D di SMP N 11 …. Semnas Hasil Penelitian Tindakan Kelas Dan Publikasi Ilmiah, 362–370.
Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran.
Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet
Pratidina, D. A., & Nindiasari, H. (2023). Pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kerangka kerja TPaCK: kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1841–1850. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.15834
Pratiwi, K. ayu mutiara. (2024). Efektifitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan, 14(2), 194–206.
Purnawanto, A. T. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 34–54. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152
Rahma, T. T., & Sutami, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Realistik dengan Langkah Polya Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1416–1426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2406
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Rahmatullah, A., Yensy, N. A., Agustinsa, R., Utari, T., & Stiadi, E. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 272–285. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.272-285
Rahmawati, K., Kurniawan, A., Ferrary, C. H., Krismawati, B. M., Safitri, R. Y., & Hikmah, U. N. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Matematika Di SD Negeri Ploso. Elementary Shcool, 12(1), 83–93. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28459981/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.resenv.2025.100208%0Ahttp://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps:
Sabrina, F., & Anggraini, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dengan Metode Permainan Sesiku untuk Pengetahuan Fenomena Gempa Bumi Siswa SD Kabupaten Kepahiang. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 439–452.
Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1707–1715.
Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(3), 1–23. http://jonedu.org/index.php/joe%0AModel
Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Satuti, H. W. D., Fajriyah, K., & Damayani, A. T. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tahapan Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung. Wawasan Pendidikan, 3(2), 595–608. https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12299
Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94
Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06
Sonjaya, R. P., Aliyya, F. R., & Naufal, S. (2025). Pengujian Prasyarat Analisis Data Nilai Kelas : Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 1627–1639.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahya. In Surya Cahya.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2), 754–764. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475
Syukriya, A. U. (2024). Efektifitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Metode Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab. Mahira: Journal of Arabic Studies, 4(1), 17–34. https://doi.org/https://doi.org/10.55380/mahira.v4i1.918
Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Wardani, K., & Darmawan, P. (2024). Keragaman Peserta Didik Untuk Memenuhi Target. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(7). https://doi.org/10.17977/um067.v4.i7.2024.2
Wibowo, V. R., & Darmawan, P. (2024). Interpretasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Pemenuhan Target Kurikulum Merdeka Terhadap Keragaman Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(1), 2024. https://doi.org/10.17977/um067.v4.i1.2024.3