PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi pecahan. Proses mengajar guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya keterlibatan siswa, kurangnya antusiasme, serta kesulitan dalam memahami konsep-konsep yang diajarkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Team Games Tournament (TGT) berbantuan flashcard terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah True Exsperimental Design dengan bentuk Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah 60 siswa kelas IV SDN 1 Bakung Kidul yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu, kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model TGT berbantuan flashcard dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari angket untuk mengukur minat belajar matematika siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Analisis data dilakukan melalui uji prasyarat, uji-t, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek minat belajar, N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,29 (kategori rendah) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,15 (kategori rendah). Sedangkan hasil belajar, uji N-Gain kelas eksperimen mencapai 0,53 (kategori sedang) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,40 (kategori sedang). Uji-t memperkuat temuan tersebut dengan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, yaitu sig.(2-tailed) sebesar 0,001 untuk minat belajar dan sig.(2-tailed) sebesar 0,047 untuk hasil belajar, keduanya berada pada taraf signifikansi α < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbantuan flashcard terbukti berpengaruh terhadap peningkatan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV, sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif strategi pembelajaran inovatif yang relavan untuk diterapkan di sekolah dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Agustryani, R., Nur Herliana, M., & Soraya, N. (2020). Pengaruh Model Team Game Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Responsibility siswa dalam Pembelajaran Penjas Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Jendela Olahraga, 5(1), 30–34. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.5225
Alfrid Sentosa, & Norsandi, D. (2022). Model Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Pendidikan, 23(2), 125–139. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7444
Aminah, A. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas III Tahun Pelajaran 2016/2017. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(5), 99–116. https://doi.org/10.58258/jupe.v5i5.1344
Anjelita, K., & Supriyanto, A. (2024). Teori Belajar Konstruktivistik Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 3(1), 916–922. https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i1.2822
Aprilianti, W., Mukmin, B. A., & Putra, A. S. G. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard dalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Skala Kelas VI SDN Burengan 02 Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(2), 490–500. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i2.592
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arif, A., Sukuryadi, S., & Fatimaturrahmi, F. (2019). Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Smp Negeri 1 Praya Barat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(2), 108–116. https://doi.org/10.58258/jisip.v1i2.184
Aulia, R. P., Prihatin, J., & Siswati, B. H. (2023). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Keberhasilan Belajar Siswa Dengan Penerapan Buku Ajar Elektronik Sistem Ekskresi Berbasis Brain-Based Learning (Bbl) Dilengkapi Video Dan Diagram Roundhouse. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 11–17. https://doi.org/10.31849/bl.v10i1.13435
Aulya, R., Zulyusri., R. (2021). Media Pembelajaran Berbentuk Kartu dengan Metode Permainan UNO pada Materi Protista. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 421. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34743
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091
Azwira, A., Atiq, A., Puspa Hidasari, F., Yunitaningrum, W., & Triansyah, A. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap hasil belajar shooting sepakbola. Jurnal Porkes, 6(1), 246–265. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.16742
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.
Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2790/1969
Dwiyanti, N.K., Werang, B.R., Handayani, D. A. P. . (2024). … Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. 4(3), 416–423. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mpi.v4i3.75442
Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85
Farikah, F. N., & Sukasih, S. (2024). Pengaruh Model Tgt Berbantuan Dakota Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri Jatisari. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3).
Febrianto, K., Yustitia, V., & Irianto, A. (2020). Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flashcard Di Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 92–98. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2273
Ginting, E.V., Ginting, R.R., Hasibuan, R.J., Perangin, L. M. (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(04), 407–416. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i04.778
Gunawan, ce. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktik Mengolah Data Penelitian (cetakan pe). Deepublish.
Handayani, S., & Sholikhah, N. (2021). Pengaruh Antara Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1373–1382. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.553
Hartati, Y., Husniati, H., & Rahmawati, R. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Flash Card dengan Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Bangun Datar Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 600–610. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3188
Hulfa, B. S., Maritasari, D. B., & Rodiyah, H. (2023). Penggunaan Media Flash Card Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dengan Hambatan Fungsional Belajar. Journal On Education, 06(01), 8988–8995.
Ilmiah, J., Multidisipliner, K., Kamaruddin, S., Awaru, O. T., & Makassar, U. N. (2024). Penerapan Metode Outdoor Leraning. 8(6), 347–353.
Ilyas. (2022). 158-Article Text-848-1-10-20220804. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran(JIEPP), 2(Nomor 1), 34–40.
Imami, A., Karamoy, Y. K., & Nur Budiono, A. (2024). Efeketivitas Konseling Individu dalam Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 7(1), 28–36. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v7i1.2638
Imron, M. (2023). Media Kartu bergambar (Flash Card) Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat. Al-Kafaah: Journal of Arabic Language and Linguistics Education (ALLE), 1(2), 90–105. https://ejournal.stainh.ac.id/index.php/kafaah
Indriani, N., Rodliyah, S., Agustina, E., & Yaqin, A. H. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Implementation of Flashcard Learning Media To Improve Mathematics Learning Outcomes of Class Ii Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Equation, 6.
Komalasari, K. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Math terhadap Hasil Belajar Metematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 237–246. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1191
Lestari, M., & Sary, R. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Berbantu Jam Sudut Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 212–229. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.3143
Lumbanraja, L. H., & Daulay, S. (2018). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Pada Butir Tes Soal Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas Xii Sma Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.24114/kjb.v6i1.10814
Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821
Mahendra, K. Z., Diah, N. R., Rizqiah, Utami, V. L., & Mahardi, H. (2024). Analisis Penilaian Teknik Tes Dan Non Tes Pada Kelas. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(5), 819–826.
Mahmudi, A. (2006). Pembelajaran Kolaboratif [Collaborative learning]. Fmipa Uny, 1–11. http://eprints.uny.ac.id/11996/1/PM - 57 Ali Mahmudi.pdf
Marcelina, S., Cahaya, S., Triana, Y., & Hartanto, T. J. (2024). Peningkatan Keterampilan Psikomotor dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Direct Instruction berbantuan Praktikum pada Materi Pengukuran. 8(3), 386–396.
Matlani, & Khunaifi, A. Y. (2020). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81–102.
Mertayasa, I. W. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Mice Target Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 48. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.41914
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.
Noviana, N., Agustini, F., Gunarti, Y., & Listyarini, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 7(1), 4034–4043. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6758
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Ntobuo, N. . (2018). Model Pembelajaran Kolaboratif Jire Toeri dan Aplikasi (cetakan pe). Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Press.
Nurhanifah, A., & Dewi, R. P. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada Peserta Didik Kelas III SD. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1082. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3545
Nurhayati, A. (2024). Penggunaan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Kelompok B Di Kb Pertiwi Tahun Pelajaran 2022-2023. 7(2), 13–21.
Nurintiyas, P. W. (2020). Analisis Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Demangan 2 Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 538–543. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/viewFile/1090/407
Piliati, I., Daulay, M. I., & Witarsa, R. (2022). Penggunaan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peta di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 8555–8566. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5615
Popla, A., & Arini, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Konsep Ciri-Ciri Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas Viii Smp Kristen Ypkpm Ambon. Biopendix: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 5(2), 82–88. https://doi.org/10.30598/biopendixvol5issue2page82-88
Pratiwi, M. P., Masfuah, S., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model TGT dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1750. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2724
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Putra, R. P., Yaqin, M. A., & Saputra, A. (2024). Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Jurnal Of Islamic And Education Research, 2(1), 149–158.
Putri, D. J., Angelina, S., Claudia, S., & Mujazi, R. M. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di kecamatan larangan tangerang. 9.
Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 123–128. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3097
Rahayu, S., Ritonga, P. S., Yenti, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Kokami Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Termokimia. Journal of Chemistry Education and Integration, 1(2), 128. https://doi.org/10.24014/jcei.v1i2.18585
Rahmadani, A., Khoiroh, F. S. H., Ulkaira, N., Azhari, Y., & Hasibuan, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 060822 Medan. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 54–71. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.566
Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197–206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164
Rezeki, W. S., Kurniawati, R. P., & Komaladewi, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(6), 4637–4644. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i6.8761
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Dampak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The Impacts Of Students’ Learning Interest And Motivation On Their Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/8108
Ridha, M.P., Sulistyowati, S., Rizal, S. U. (2025). Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan Media Quizizz terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas VI. Jurnal Media Informatika [ Jumin ], 6(2), 1494–1500. https://doi.org/https://doi.org/10.55338/jumin.v6i2.5669
Ridho’i, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. JURNAL E-DuMath, 8(2), 118–128. https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1809
Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring Di Kelas Va SDN Lembursitu. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 224. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.669
Sari, R. E., Agustin, F., Saleh, A., & Tesya, R. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal TUNAS, 3(1), 169–173. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30645/jtunas.v3i1.49
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Siregar, H. T. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PAI. Universitas Muhammadiyah Malang, 2(259), 1–2. https://psikologi.uma.ac.id/wp-content/uploads/201
Sitohang, H. A., & Sukmawarti. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 104241 Syahmad. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 1535–1543.
Suandika, I. K. A., Nugraha, I. N. P., & Dewi, L. J. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 69–78. https://doi.org/10.23887/jptm.v8i2.27599
Sugiata, I. . (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (cetakan pe).
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Syafira, P., Novaliza, S., Sulistianingsih, R., Restaryy, T. I., & Lasha, V. (2024). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(3). https://doi.org/10.61227/arji.v6i3.196
Trysna Dinata, F., & Rosyana, T. (2021). Analisis Validitas Reliabilitas Dan Indeks Kesukaran Pada Butir Soal Materi Barisan Dan Deret Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 683–690. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.683-690
Tsalsabila, S. N., Aliyyah, R. R., Gunadi, G., & Subasman, I. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Flash Card Materi Bangun Ruang Kelas VI Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 36–52. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.929
Ulfah, & Opan Arifudin. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.
Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15. Fondatia, 4(1), 158–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.466
Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 60–66. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734
Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 566–576. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181
Wati, T. P. (2021). Peran Media Flashcard dalam Mengenalkan Menghitung Permulaan pada Anak Usia Dini. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.47766/seulanga.v2i2.155
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Yulianto, A. (2024). Sikap dan Potensi Peserta Didik Serta Indikator Pengukurannya (cetakan 1). Eureka Media Aksara.
Yusnaldi, E. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Genre, 15(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/niz.v15i1.4485
Zahara, S., Saputra, D. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SDN Pondok Cabe Ilir 01. 450–458.