KEGIATAN KOKURIKULER BAHASA ARAB (STUDI EVALUASI DI MI AL-MURSYIDIYYAH PAMULANG TAHUN 2025)

Isi Artikel Utama

Vina Nur El Mawaddah
Maswani
Azkia Muharom Albantani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kokurikuler Bahasa Arab serta sejauh mana kegiatan tersebut berperan dalam mendukung pembelajaran Bahasa Arab di MI Al-Mursyidiyyah Pamulang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan tersebut berdasarkan empat aspek model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis evaluasi program. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data terdiri atas kepala sekolah, guru Bahasa Arab, dan siswa yang terlibat dalam kegiatan kokurikuler Bahasa Arab. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kegiatan kokurikuler Bahasa Arab terlaksana dengan baik dan relevan dengan kebutuhan lembaga. Aspek konteks menunjukkan kesesuaian tujuan dengan kebutuhan sekolah; aspek input menunjukkan adanya dukungan sarana, prasarana, dan perencanaan yang baik; aspek proses menunjukkan pelaksanaan yang berjalan sesuai jadwal meskipun masih terkendala waktu; dan aspek produk menunjukkan peningkatan hasil belajar Bahasa Arab siswa. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan kokurikuler ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan perlu dikembangkan secara berkelanjutan agar hasilnya lebih optimal.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
El Mawaddah, Vina Nur, Maswani, dan Azkia Muharom Albantani. “KEGIATAN KOKURIKULER BAHASA ARAB (STUDI EVALUASI DI MI AL-MURSYIDIYYAH PAMULANG TAHUN 2025)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4089–4098. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4205.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdilah, Aris Junaedi. 2025. “Evaluasi Kurikulum Bahasa Arab Dengan Model CIPP (Context,Input, Process, and Product).” Risenologi 10 (1): 52–68. https://doi.org/10.21009/risenologi.101.06.

Ahmad, Dimas Zuhri, Abdulloh Muqofie, Khairunnisa Khairunnisa, et al. 2023. “MANAJEMEN PROGRAM BAHASA ARAB DALAM PELAKSANAAN WAJIB BERBAHASA.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI 6 (2): 183. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2540.

Bisri, M. Didin Bahrudin. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Ko-Kurikuler Dalam Mewujudkan Karakter Religius Siswa.” Menara Tebuireng : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 19 (2): 13–24. https://doi.org/10.33752/menaratebuireng.v19i2.6127.

Damayanti, Indani, and Muhammad Iqbal Al Ghozali. 2023. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler Di Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6 (2): 2. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5563.

Doriza, Novi Revolina, Ngadri Yusro, and Dina Hajjah Ristianti. 2023. “IMPLEMENTASI PROGRAM KOKURIKULER TAHSIN DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 REJANG LEBONG.” Jurnal Literasiologi 10 (1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v10i1.566.

Faizin, Khoirul. 2020. “Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di STAI Attanwir Bojonegoro.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 4 (1): 1. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v4i1.139.

Hidayah, Lutviyana. 2019. “PERAN KO KURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP UPAYA PENCAPAIAN KURIKULUM 2013.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8 (2): 2. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.128.

Irvansyah, Nur Cholis, Nurul Ainiy, and Zakiyah Arifa. 2022. “Implementation of Arabic Week Program to Improve Speaking Skills at Darussalam Gontor Modern Islamic Institution 1st/ تنفيذ برنامج الأسبوع العربي لترقية مهارة الكلام في معهد دار السلام كونتور الإسلامي الحديث الأول.” Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language 6 (1): 58. https://doi.org/10.17977/um056v6i1p58-76.

Kasmilah, Nurjannah, Radhayana Hikmah Damayanti, and Maswani Maswani. 2025. “MODEL EVALUASI CIPP SEBAGAI ALAT UKUR EFEKTIVITAS KURIKULUM BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5 (3): 3112–20. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i3.3943.

Khasanah, Nginayatul. 2016. “PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA (UREGENSI BAHASA ARAB DAN PEMBELAJARANNYA DI INDONESIA).” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam 3 (2): 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16.

Mandasari, A Dia, and Dini Harizka Dewi. 2024. Menumbuhkan Rasa Peduli Sosial Pada Anak SD Melalui Kegiatan Kokurikuler Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka. 1 (3).

M.Kom, Dr Dewa Gede Hendra Divayana, S. Kom. 2018. Evaluasi Program. PT. RajaGrafindo Persada.

M.Pd, Prof Dr H. E. Mulyasa. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

M.Pd, Yoga Adi Pratama, S. Pd, and Dr Laksmi Dewi M.Pd. 2023. Pengembangan Kokurikuler: Menumbuhkan Potensi, Meraih Merdeka Belajar. Indonesia Emas Group.

Nasution, J. S. 2022. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Viii Smpit Fajar Ilahi Batam.” Jurnal As-Said. http://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/77.

PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. n.d. Accessed February 17, 2025. https://books.google.com/books/about/PENINGKATAN_DAN_PENGEMBANGAN_PRESTASI_BE.html?hl=id&id=jbOAEAAAQBAJ.

Primasatya, Nurita, and Ilmawati Fahmi Imron. 2020. “Analysis of Student Needs of the Mathematics Club (MC) as a Co-Curricular Activities as an Effort to Grow up 4C Skills.” Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika 6 (2): 2. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14849.

Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4 (6): 7911–15. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Rahmawati, Indri Septianur. 2023. “Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan.” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9 (2): 128–36. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20229.

Sakdiah, Nikmatus, and Fahrurrozi Sihombing. 2023. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Sathar 1 (1): 1. https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41.

Shilviana, Khusna, and Tasman Hamami. 2020. “Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler.” PALAPA 8 (1): 159–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705.

Tuerah, R. M. S., and J. M. Tuerah. 2023. “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. http://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/6937.

Universitas Pendidikan Ganesha (Indonesia), Politeknik Pariwisata Bali (Indonesia), Gede Ratnaya, Retno Indriaswuri, Desak Gede Chandra Widayanthi, I Made Purwa Dana Atmaja, and A.A. Gede Putra K.P. Dalem. 2022. “CIPP Evaluation Model for Vocational Education: A Critical Review.” Education Quarterly Reviews 5 (3). https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.03.519.

Wahyudin, Wahyudin. 2018. “Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan 6 (2): 249–65. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932.

الزهراني, سعيد سالم عبدالله. 2023. “توظيف التكنولوجيا في تنمية مهارات اللغة العربية.” المقالات. مجلة منار الشرق للتربية و تكنولوجيا التعليم 2 (1): 11–1. https://doi.org/10.56961/mejeit.v2i1.373.

عبدالباسط على سالم, and طه. "تقويم البرامج التدريبية فى ضوء النماذج العالمية (دراســــــة تحليليـــــة)." مجلة کلية التربية. بنها 29.116 أکتوبر ج 5 (2018): 345-360.‎

الخليفة، حسن جعفر.فصول في تدريس اللغة العربية (ابتدائي-متوسط-ثانوي) الرياض: مكتبة الرشد, 2003.

رازق; عبدالمجيد. المنهج الدراسي لتعليم اللغة العربية في المدارس العربية بسريلانكا–دراسة تقويمية. هرمس, 2022, 11.4: 77-104.‎