IMPLEMENTASI MARKET DAY P5RA UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA MI SULLAM TAUFIQ
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan Market Day dalam program Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA) di MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan serta menganalisis kontribusinya terhadap peningkatan jiwa kewirausahaan siswa. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pendidikan dasar sebagai pondasi pembentukan karakter dan keterampilan hidup, termasuk kemandirian, kreativitas, dan tanggung jawab yang menjadi bagian dari jiwa kewirausahaan. Market Day dipandang sebagai salah satu bentuk pembelajaran kontekstual yang mampu memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru, dan siswa yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Market Day. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman dengan tahapan reduksi, penyajian, serta penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Market Day efektif dalam melatih siswa merencanakan, memproduksi, memasarkan, hingga menjual produk. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan praktis, tetapi juga menumbuhkan karakter seperti kemandirian, kreativitas, tanggung jawab, kerja sama, dan kejujuran. Selain itu, Market Day sejalan dengan Kurikulum Merdeka serta menanamkan nilai religius dan etika berdagang dalam Islam. Dengan demikian, Market Day terbukti menjadi strategi pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan aspek akademik, sosial, karakter, dan spiritual, sekaligus membentuk jiwa kewirausahaan siswa sejak dini.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Fithriyah, D. N., Dwi, F., Putri, E., Alfia, S. M., & Rosyida, M. (n.d.). Implementasi Projek P5 Melalui Kegiatan Market Day Untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Peserta Didik Sekolah Dasar. 4(2025), 252–267.
Hikmah, R., Novita, D., & Astuti, L. S. (2023). SOSIALISASI LITERASI NUMERASI DALAM KEGIATAN. 06(05), 591–598.
Jayanti, M. I., Bima, U. M., Yogyakarta, U. N., Nggusuwaru, U., Merdeka, K., Dewantara, K. H., Merdeka, K., & Berkarakter, G. (2024). Penguatan pendidikan karakter di indonesia: landasan filosofis dan yuridis dalam membentuk generasi yang berkarakter. 8, 378–393.
Maknuni, J. (2021). STRATEGI SEKOLAH DASAR DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK STRATEGIES FOR FOSTERING ENTREPRENEURSHIP VALUE ON STUDENTS IN ELEMENTARY SCHOOL. 2(2), 9–16.
Mala, A., Purwatiningsih, B., & Ghozali, S. (2023). Implementasi Pengembangan Jiwa Literasi Entrepreneurship Pada Siswa Sekolah Dasar. 5(2), 120–144.
Munawaroh, I., & Marmoah, S. (n.d.). IMPLEMENTASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN “ MARKET DAY ” SEBAGAI SARANA PENANAMAN KARAKTER SISWA DI SD Pendahuluan.
Salsabila, N., Fitri, C. A., Elycia, A. D., Pulungan, W. A., Rizkina, R., & Wahyuni, S. (2023). Pentingnya Keterampilan Kewirausahaan Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan Kognitif dan Emosional Anak Usia Dini : Teori Pembelajaran Konstruktivis : 1(4).
Saputra, D. G., Malintang, J., Wulandani, N., Rachman, A., & Husain, D. L. (2024). Pendidikan Karakter dalam Membentuk Generasi Entrepreneur Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Menengah Atas Character Education in Forming a Generation of Entrepreneurs Based on Local Wisdom in High Schools. 8(2), 1239–1246.
Shiddiq, A. B., Chaerany, C., & Sulistyawati, A. (2025). Program P5RA dalam Meningkatkan Kebinekaan Global dan Kreativitas Siswa Berdasarkan Model CIPP di MTsN 32 Jakarta. 8(2), 444–463.
Wali, M. (2025). Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Kemandirian dan Kreativitas Siswa SD Negeri Ulee Kareung Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. 1(1), 251–258.