HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN SEJARAH ISLAM DENGAN SIKAP KRITIS SISWA TERHADAP BUDAYA BARAT DI MI AL AMIN GARAHAN JEMBER

Isi Artikel Utama

Mufidatur Rizqiya Permana
Dwi Cahyani
Akhiyat
Fathiyaturrahmah

Abstrak

Penelitian Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran sejarah Islam dalam membentuk cara berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) di tengah pengaruh budaya Barat yang semakin kuat. Di era globalisasi, siswa tidak hanya dituntut memahami fakta sejarah, tetapi juga mampu menilai dan menyaring nilai-nilai asing berdasarkan prinsip keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan sejarah Islam dengan sikap kritis siswa terhadap budaya Barat di MI Al Amin Garahan Jember. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional, dengan jumlah responden 60 siswa kelas V dan VI yang dipilih secara proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui angket berskala Likert dan dianalisis menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson. Hasil analisis menunjukkan nilai r = 0,86, lebih besar dari r_tabel = 0,254, yang berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengetahuan siswa tentang sejarah Islam, semakin tinggi pula kemampuan mereka berpikir kritis terhadap pengaruh budaya Barat. Dengan demikian, pembelajaran sejarah Islam memiliki peran strategis dalam menumbuhkan kesadaran identitas, karakter selektif, dan kemampuan berpikir reflektif siswa MI di era globalisasi budaya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Permana, Mufidatur Rizqiya, Dwi Cahyani, Akhiyat, dan Fathiyaturrahmah. “HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN SEJARAH ISLAM DENGAN SIKAP KRITIS SISWA TERHADAP BUDAYA BARAT DI MI AL AMIN GARAHAN JEMBER”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4463–4470. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4251.
Bagian
Artikel

Referensi

’Adilah, A., & Amelia, S. R. (2024). Pendidikan Islam Dan Pembentukan Identitas Muslim Di Era Digital. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(4), 243–254. https://doi.org/10.18860/mjpai.v3i4.12298

Agustian Vieri, D. S., Ulul Azmi, F., & Gusmaneli. (2025). Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Karakter Siswa. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.61132/hikmah.v2i2.787

Agustinar, K., Rahmi, U., Pratama, A. R., Sjech, U., & Djambek, M. D. (2023). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Sekolah Madrasah merupakan Lembaga pendidikan formal yang berada di bawah sekolah umum . Sejarah kebudayaan Islam ini memiliki kontribusi dalam memotivasi anak Madrasah tentu seorang pendidik. Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 206–212.

Alghamdi, H., & Achour, M. (2020). Studying history in an islamic context and its effects on student awareness: A case study of muslim students at Saudi universities. Journal of Al-Tamaddun, 15(2), 1–13. https://doi.org/10.22452/JAT.vol15no2.1

Altinyelken, H. K. (2021). Critical thinking and non-formal Islamic education: Perspectives from young Muslims in the Netherlands. Contemporary Islam, 15(3), 267–285. https://doi.org/10.1007/s11562-021-00470-6

Amarullah, R. Q. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Uswah Hasanah dan Keterampilan Abad 21. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 84–101. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2

Dahari, A. A., Suhid, A., & Fakhrudin, F. (2019). Implementation Critical Thinking in Teaching Islamic Education. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 8(4), 805–823. https://doi.org/10.6007/ijarped/v8-i4/6756

Hasbullah, & Indonesia), L. S. I. dan K. (Jakarta. (1995). Sejarah pendidikan Islam di Indonesia: lintasan sejarah pertumbuhan dan perkembangan. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 284. https://www.google.com/books?id=cWydAAAAMAAJ

Indra, H. (2019). PENDIDIKAN BERBAGAI BUDAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Al-Mabsut, 13(1), 26–40.

Keputusan Menteri Agama No.347 Tahun 2022. (2022). Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan islam Kementerian Agama Republik Indonesia 2022. https://www.ayomadrasah.id

Munasir, M., Mahmudin, W., Nahar, A. S., Muhidin, R. M., & Ruswandi, U. (2024). Konsep Pendidikan Multikultural Di Indonesia Dalam Pandangan Islam Dan Barat. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 519–528. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4923

Nasution, A. S. (2023). Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Perspektif Sejarah Kritis Ibnu Kholdun. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(2), 108. https://doi.org/10.47006/er.v7i2.13186

Novayani, I. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Berbasis Multikultural. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 235. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1795

Nurjehan, R., Khairil Ansari, & Yusnadi. (2024). Teacher Perspective: Implementation of Contextual Teaching and Learning Model. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(1), 260–269. https://doi.org/10.21009/jtp.v26i1.44084

Nursyahdiyah, N., Dalimunte, A. A., & Daulay, S. H. (2022). The Implementation of Flipped Classroom in EFL Reading During Covid-19 Pandemic: Indonesian EFL Students’ Voices. ENGLISH FRANCA : Academic Journal of English Language and Education, 6(2), 325. https://doi.org/10.29240/ef.v6i2.5329

Rangkuti, C. (2025). Pengaruh Pendidikan Barat Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia : Tinjauan Sejarah dan Filsafat The Influence of Western Education on Islamic Education in Indonesia : A Historical and Philosophical Review. 5(2), 667–683.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarni, M. L., Jewarut, S., Silvester, S., Melati, F. V., & Kusnanto, K. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 2993–2998. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1330

Vygotsky, L. S. (1987). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.