IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS DI SDN SUMBERSARI 01

Isi Artikel Utama

Mufidatur Rizqiya Permana
Fina Wildania Sholeha
Amaza Ilmil Mufida
Alan Hakim Permadi
Sofyan Hadi
St. Mislikhah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN Sumbersari 01 serta menganalisis faktor yang memengaruhi pelaksanaannya, tantangan yang dihadapi guru, dan dampaknya terhadap proses maupun hasil belajar peserta didik. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi secara cukup komprehensif mulai dari pelaksanaan asesmen awal, penyusunan modul ajar, hingga pengaturan aktivitas belajar yang memadukan visual, auditori, dan kinestetik. Penerapan diferensiasi berdampak pada meningkatnya keterlibatan, motivasi, dan pemerataan pemahaman peserta didik terhadap materi energi. Faktor pendukung keterlaksanaan diferensiasi meliputi pemahaman guru terhadap konsep diferensiasi, dukungan lingkungan sekolah, ketersediaan media belajar, serta respons positif peserta didik. Sementara itu, tantangan muncul dalam bentuk keterbatasan waktu, kompleksitas perencanaan, pengelolaan kelas heterogen, dan penyusunan instrumen asesmen yang bervariasi. Secara keseluruhan, pembelajaran berdiferensiasi di SDN Sumbersari 01 memberikan hasil positif dan menunjukkan bahwa strategi ini relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPAS guna meningkatkan pemerataan pemahaman peserta didik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Permana, Mufidatur Rizqiya, Fina Wildania Sholeha, Amaza Ilmil Mufida, Alan Hakim Permadi, Sofyan Hadi, dan St. Mislikhah. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS DI SDN SUMBERSARI 01”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 11, 2025): 4918–4930. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4356.
Bagian
Artikel

Referensi

Ali, A., Venica, S. D., Aini, W., & Hidayat, A. F. (2025). Efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.62386/jised.v3i1.115

Ambarita, J., Simanullang, M. P. K. P. S., & Adab, P. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Penerbit Adab.

Atmojo, I. R. W., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2024). Pembelajaran berdiferensiasi (dalam implementasi Kurikulum Merdeka). CV Pajang Putra Wijaya.

Cahyanto, B., Dewi, D. K., Fuady, A., Nugroho, A. D., & Prastanti, A. D. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi Memfasilitasi Belajar Siswa dalam Keberagaman. Madani Kreatif Publisher.

Elviya, D. D. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8).

Gymnastiar, A. M. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 24–45. https://doi.org/10.54125/elbanar.v7i02.274

Khatimah, N., Ramadhan, S., & Hermansyah, H. (2025). Kreativitas Guru Penggerak Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Solusi Keberagaman Gaya Belajar Siswa di SDN 21 Tolomundu Kota Bima. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(3), 1633–1650. https://doi.org/10.35931/am.v9i3.5020

Kusumastuti, M. D., & Kudus, W. A. (2025). Penerapan variasi gaya mengajar guru dalam memfasilitasi partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di MAN 1 Kota Cilegon. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 7(1), 59–70. https://doi.org/10.23887/jpsu.v7i1.93596

Lestari, E. P. (2023). Model pembelajaran think pair share solusi menumbuhkan keberanian berpendapat. Penerbit P4i.

Lestari, S. (2024). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Kelas X. 12 Sekolah Menengah Tingkat SMA. Jurnal Pustaka Cendekia Hukum Dan Ilmu Sosial, 1(3), 262–265. https://doi.org/10.70292/pchukumsosial.v1i3.116

Marisanta, R., Siregar, W. M., & Ansya, Y. A. U. (n.d.). Transformasi Perencanaan Pembelajaran Berbasis Digital pada Guru Sekolah Dasar. Penerbit Adab.

Marmoah, S., & Sukmawati, F. (2024). Aplikasi Kurikulum Merdeka Berbasis LMS untuk Sekolah Dasar. Pradina Pustaka.

Mestari, S. A., Kalaka, F. R. S., Hida, Y., Mas, S. R., & Badu, S. Q. (2025). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas heterogen sekolah dasar. EDUCATOR (Directory of Elementary Education Journal), 6(1), 35–49. https://doi.org/10.58176/edu.v6i1.2087

Muthmainnah, A., Pertiwi, A. D., & Rustini, T. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(4), 41–48. https://doi.org/10.5281/zenodo.7677116

Muzammil, M., & Izzah, S. A. (2025). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Media Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 1237–1246. https://doi.org/10.56916/ejip.v4i3.1407

Najicha, S. Z. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Antar Siswa Sekolah Dasar Studi Kasus Di Kelas 4 SDN Gondangtapen. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 5(3), 153–161. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v5i3.2014

Nurahayu, H., & Guru, S. M. P. N. (2024). Memenuhi kebutuhan belajar peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi. Tata Akbar.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan praktik model pembelajaran berdiferensiasi implementasi kurikulum merdeka belajar. Penebar Media Pustaka.

Putri, N. U., & Prastyo, D. (2025). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap sikap percaya diri siswa kelas IV SDN Dukuh Kupang II Surabaya. Jurnal Citra Pendidikan, 5(1), 136–145. https://doi.org/10.38048/jcp.v5i1.5175

Rahmita, A., Wardana, E., & Hadiyanti, A. D. H. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL Berbantuan Media Kartu Bergambar Materi Sumber Energi Pada Siswa III SD Kanisius Kalasan. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 7(2), 139–147. https://doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.29251

Saadah, E., Hanafiah, H., & Pd, M. M. (2024). Diferensiasi Strategi Dan Metode Pendampingan Pengawas Sekolah Terhadap Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. PT Arr Rad Pratama.

Sari, N. W. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di era Kurikulum Merdeka: Antara harapan, hambatan, dan realitas di lapangan. Jurnal Pustaka Cendekia Hukum Dan Ilmu Sosial, 1(3), 248–254. https://doi.org/10.70292/pchukumsosial.v1i3.114

Sobirin, M. (2024). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Ditinjau dari Kesiapan Guru dan Siswa di Kelas X. Jurnal Pustaka Cendekia Hukum Dan Ilmu Sosial, 1(3), 266–279. https://doi.org/10.70292/pchukumsosial.v1i3.117

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.). Alfabeta.

Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., & Yunefri, Y. (2024). Pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Wardani, E., Rustiyana, R., Rianty, E., Haryono, H., & Abit, M. H. (2025). Classroom Management: Teori, Konsep, dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Abad 21. Star Digital Publishing.

Wijayama, B., Pd, S., Farda, U. J., Maulida, A. H., Fauziya, L., & Hardiyanti, S. (2024). Asesmen Pembelajaran SD/MI Kurikulum Merdeka. Cahya Ghani Recovery.