PENDAMPINGAN PROGRAM DOKTER KECIL UNTUK PENGUATAN KETERAMPILAN HIDUP SEHAT PADA PESERTA DIDIK SDN 5 MASBAGIK UTARA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Program pengabdian masyarakat bertajuk “Program Pendampingan Dokter Kecil untuk Penguatan Keterampilan Hidup Sehat Siswa SDN 5 Masbagik Utara” ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa terkait praktik hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini dilakukan melalui pendekata deskriptif kualitatif dengan metode pendampingan partisipatif. Sasaran peserta adalah siswa SD yang dibimbing untuk berperan sebagai “Dokter Kecil” — duta kesehatan muda yang bertanggung jawab untu mempromosikan kebersihan dan gaya hidup sehat kepada teman sebayanya Pelaksanaannya terdiri dari beberapa tahap: koordinasi awal dengan pihak sekolah, penyampaian materi edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), demonstrasi praktik, dan diskusi reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan partisipasi aktif dan peningkatan kesadaran terkait kebersihan pribadi dan lingkungan. Mereka mampu menerapkan kebiasaan sehat seperti mencuci tangan, membawa bekal makan siang yang sehat, dan menjaga kebersihan kelas. Guru dan staf sekolah juga menunjukkan keterlibatan yang kuat, memastikan bahwa program ini dapat berkelanjutan sebagai bagian dari kegiatan pendidikan kesehatan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan partisipatif efektif memperkuat keterampilan hidup siswa dan membangun rasa tanggung jawab serta kepemimpinan dalam menjaga kesehatan. Lebih lanjut, program Dokter Kecil telah terbukti menjadi model yang berharga dalam membangun budaya kesehatan sekolah melalui kolaborasi antara pendidik, siswa, dan komunitas sekolah yang lebih luas.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amareta, D. I., & Putra, D. S. H. (2016). Pendampingan Dokter Kecil di Sekolah Dasar Negeri Antirogo 04 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Prosiding.
Ambarukmi P, F., & Paramita, V. S. (2019). PKM: Dokter Cilik, Agen Perubahan Kesehatan dan Lingkungan. Jurnal Dharma Bhakti, 4(1). https://doi.org/10.52250/p3m.v4i1.158
Fitriahadi, E. (2018). IBM Kader UKS (Unit Kesehatan Sekolah) Melalui Pelatihan Dokter Kecil di SDN Tinom Godean Sidoarum Sleman. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 71-79.
Harahap, A. S., Hasanah, U., Asniati, A., Daim, A. L., & Yuwaldi, D. (2025). Peningkatan Kemampuan Siswa Siswi Mengenai UKS Melalui Pelatihan Dokter Kecil di SDIT Tahfiz Al Fatih. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka, 3(3). https://doi.org/10.58266/jpmb.v3i3.117
Lasari, Y. L., & Wulandari, M. (2024). Pelaksanaan Program Dokter Kecil Sebagai Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa MIN 1 Tanah Datar. JPKMK Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kesehatan, 4(2), Halaman. Diakses dari http://jurnal.stikes-notokusumo.ac.id/
Natalia, S. (2024). Pemberdayaan Anak Melalui Pelatihan Dokter Kecil Melalui Edukasi Kelompok Di SDN Tosaren IV Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 3(2), 1–6. https://journal.mandiracendikia.com/index.php/pkm/article/view/967
Pribadi, I. K., & Zatisvalen, O. (2022). Pelatihan Dokter Kecil dan Pemilihan Kader Dokter Kecil untuk Optimalisasi Fungsi UKS di SDN 02 Codo Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 2(2), 80-87. https://doi.org/10.29303/interaktif.v2i2.80
S afitri, F. E., Hasanah, U., & Astuti, M. (2024). Pelatihan Dokter Kecil oleh Tim Asistensi Mengajar Ikes PN Sebagai Upaya Mengembangkan Usaha Kesehatan Sekolah di SDN 130 Pekanbaru. DIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 91-95.
Shalahuddin, I., Rosidin, U., Karnita, D., Sumarni, N., & Witdiawati. (2022). Pembentukan UKS dan Pelatihan Dokter Kecil pada Siswa-Siswi di SDN 1-2 Sukamenteri Garut. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(10), 3301–3308. https://ejurnalmahayati.ac.id/
Wulandari, M., Prihatonoa, A., & Mahadinia, C. (2025). Program Dokter Kecil Di UKS SD Negeri 3 Wonorejo Lawang. Jurnal Inovasi Kesehatan dan Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.54832/jhics.v4i2.686