PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBANTU APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Keterbatasan pemanfaatan media berbasis teknologi digital menyebabkan proses pembelajaran cenderung monoton sehingga kurang mampu menstimulasi motivasi belajar siswa serta berdampak pada rendahnya pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan kontekstual, salah satunya melalui inovasi media video animasi sebagai alat bantu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan utama, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil validasi terhadap media pembelajaran video animasi menunjukkan bahwa aspek materi (isi dan bahasa) serta aspek desain memperoleh rata-rata skor validasi sebesar 94% dengan kategori sangat valid. Sementara itu, validasi terhadap modul ajar memperoleh skor rata-rata 84% yang juga termasuk dalam kategori sangat valid. Selanjutnya, hasil uji praktikalitas yang melibatkan praktisi pendidikan dan peserta didik kelas IV menunjukkan nilai rata-rata sebesar 93,69% dengan kategori sangat praktis. Adapun hasil uji efektivitas yang diperoleh melalui tes hasil belajar menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 81,15% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agustien, Relis, Nurul Umamah, and S. Sumarno. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS.” Jurnal Edukasi 5(1):19. doi:10.19184/jukasi.v5i1.8010.
Atika Putri, Dhara, and Vivi Mutia Deri. 2025. “Development of Interactive Learning Media Using Canva Application in IPAS Subject for Grade V at SDN 16 Sitiung.” TOFEDU: The Future of Education Journal 4:Page. https://journal.tofedu.or.id/index.php/journal/index.
Hader, Antik Estika, Feby Kharisna, and Wera Supita. 2025. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS.” 11:2477–5673.
Hapsari, Gita Permata Puspita, and Zulherman Zulherman. 2021. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Basicedu 5(4):2384–94. doi:10.31004/basicedu.v5i4.1237.
Khairani, Miftahul, Sutisna Sutisna, and Slamet Suyanto. 2019. “Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” JURNAL BIOLOKUS 2(1):158. doi:10.30821/biolokus.v2i1.442.
Kharisna, Feby, and Risda Amini. 2023a. “Project Based Learning Based E-Book Kvisoft Flipbook Maker for Grade V Elementary School.” 11(1):24–33. doi:10.23887/jjpgsd.v11i1.60867.
Kharisna, Feby, and Risda Amini. 2023b. “Validity of Kvisoft Flipbook Maker-Assisted PjBL-Based E-Books for Elementary Schools.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2):1809–17. doi:10.31004/obsesi.v7i2.4205.
Kharisna, Feby, Novi Wulandari, and Yulia Darniyanti. 2025. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di SDN 08 Timpeh.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 252–60. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/6542.
Nurhayati, Hermin, and Nuni Widiarti , Langlang Handayani. 2020. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.
Ponza, Putu Jerry Radita, I. Nyoman Jampel, and I. Komang Sudarma. 2018. “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar.” Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha 6(1):9–19.
Pratiwi, Brillianing, and Kusnindyah Puspito Hapsari. 2020. “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(2):282. doi:10.23887/jisd.v4i2.24238.
Premana, Agyztia, Akhmad Pandhu Wijaya, Robert Rizki Yono, and Stifada Nurul Hayati. 2022. “Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Pemrograman Pada Anak Usia Dini Berbasis Game.” Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri Dan Teknik Informatika 23(2):66–75. doi:10.37817/tekinfo.v23i2.2597.
Retno Fatmawati, Dwi, and Murni Ramli. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Melalui Action Research Dengan Fokus Tindakan Think Pair Share Increasing The Argumentative Skill of Students through Action Research With Focus An Action of Think Pair Share.” 15:253–59.
Rizqi Abdillah. 2022. “‘Canva’ Sebagai Media Pembelajaran Terkini Pengganti Power Point.” La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam 14(1):29–41. doi:10.62490/latahzan.v14i1.320.
Sari, Hanny Rahma, and Ika Yatri. 2023. “Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar.” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 2(3):159–66. doi:10.56916/ejip.v2i3.381.
Siti Nurjanah, and Sumarmi. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (Tts) Pada Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Kelas Iv Di Mi Al Busyro.” PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education 2(1):31–42. doi:10.51675/jp.v2i1.85.