MENGANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SD/MI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran matematika menjadi salah satu faktor hambatan dalam pembelajaran pada kurikulum merdeka. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika di SD/MI pada kurikulum merdeka dan untuk mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa. penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian tinjauan literature guna membangun dasar yang kuat dalam pembahasan. penulis juga mengumpulkan data berdasarkan hasil observasi di sekolah pada saat pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi rendahnya minat dan motivasi belajar, keterbatasan kemampuan, persepsi yang keliru terhadap mata pelajaran matematika, serta kurangnya pemahaman dasar matematika. Sementara itu, faktor eksternal mencakup keterbatasan kompetensi pendidik terhadap kurikulum, kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran, serta kendala dalam penyesuaian dan implementasi Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu penelitian ini menyimpulkan bahwa diperlukan penerapan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sekaligus memperkuat kompetensi pendidik dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara efektif dan berkelanjutan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arifin, M. F. (2020). Kesulitan belajar siswa dan penanganannya pada pembelajaran matematika SD/MI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 989.
Arifin, M. F., Barsihanor, Hafiz, A., & Arifa, T. R. (2024). Implementasi pembelajaran matematika SD pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Kota Banjarmasin. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 472–484. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1723
Bergita, A., Anomeisa, & Ernaningsih, D. (2020). Media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada penyajian data berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4 (ed.)). SAGE Publications.
Damayanti, C., Cahyadi, F., & Subekti, E. E. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas III materi pengukuran waktu SD Negeri Tlogosari Wetan 02 Semarang. Jurnal Sinektik, 4(1), 19–31. http://dx.doi.org/10.33061/js.v3i2.0000
Hasan, C. S., Anwar, H., & Nadjamuddin, A. (2024). Pelaksanaan pembelajaran matematika dalam Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah di SDN 2 Limboto. Irfani: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 115–132.
Narunita, W. J., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dan penerapannya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.30587/postulat.v4i2.5730
Novianto, A., Fitriani, N. L., Deniswa, A. S., Izzati, M. H. N., Firdaus, F., Ningrum, N. Y., & Dewi, R. C. (2024). Analisis kesulitan belajar matematika dalam penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.88914
Nurjanah, A., Humairoh, A., Tabroni, A., Parid, M., & Taufiqurrahman, S. (2025). Tantangan dan peluang implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar SDN Margaluyu. Jurnal Inovasi Pendidikan.
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis problematika pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar: Jurnal PGSD UNU NTB, 2(1).
Risna, Khatimah, H., Khasanah, U., & Alini, A. (2024). Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi problem based learning (PBL).
Simanjuntak, R. E. C., & Murniarti, E. (2024). Peran guru dalam mengintegrasikan Kurikulum Merdeka mata pelajaran matematika pada siswa Sekolah Dasar fase A. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(9), 9511–9517.
Syafitri, R. M., & Kiftia, S. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif “Digital Activity Work Book” menggunakan Google Slides pada mata pelajaran matematika materi operasi pecahan kelas V SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p34-42
Syahroni, M., Lestari, A., & Siregar, L. N. K. (2025). Problematika pembelajaran matematika di MI Swasta Nurul Hidayah. ADZKIYYA: Jurnal Pendidikan Dasar.
Wahyuni, A. U., Putri, R., Amanda, N. P., Tursina, W. N., & Revita, R. (2025). Kajian literatur: Dampak perubahan kurikulum K13 menjadi Kurikulum Merdeka dalam pendidikan matematika. Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(4), 211–218.
Wijayanti, A., & Yanto, A. (2023). Pembelajaran matematika menyenangkan di SD melalui permainan. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 18–23.