PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Isi Artikel Utama

Nurdin
Imam Suseno
Hery Purwosusanto
Ary Wahyu Leksono
Albertus Maria Setyastanto

Abstrak

Penelitian ini menelaah hubungan antara persepsi siswa tentang kinerja guru dan motivasi belajar dalam membentuk prestasi akademik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Dengan menggunakan desain survei kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur yang mengukur pandangan siswa mengenai kualitas pengajaran guru serta dorongan internal mereka untuk belajar. Temuan menunjukkan bahwa persepsi positif terhadap kinerja guru berkaitan erat dengan hasil belajar yang lebih tinggi, sementara motivasi belajar yang kuat memperkuat kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep secara efektif. Secara bersama-sama, kedua variabel ini menciptakan lingkungan belajar yang mendukung keterlibatan dan keberhasilan akademik. Penelitian ini menekankan pentingnya kompetensi guru dan strategi peningkatan motivasi dalam membangun proses pembelajaran yang aktif dan bermakna. Lembaga pendidikan dianjurkan untuk memperkuat praktik pedagogis dan mendorong pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa guna meningkatkan kinerja pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurdin, Nurdin, Imam Suseno, Hery Purwosusanto, Ary Wahyu Leksono, dan Albertus Maria Setyastanto. “PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 11, 2025): 4908–4912. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4353.
Bagian
Artikel

Referensi

Arif, G. (1993). Media pendidikan. Rajawali Press.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Bloom, B. S. (1971). Educational psychology (H. J. Klausmeier, Ed.). Harper and Row.

Briggs, L. J. (1979). Instructional design: Principles and application. Prentice Hall, Inc.

Davies, K. I. (1997). Instructional technique. McGraw-Hill Book Company.

Dessler, G. (2000). Manajemen sumber daya manusia. Penerbit Index.

Dimyati, M., & Mudjiono. (2005). Belajar dan pembelajaran. PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2002). Strategi belajar mengajar (Edisi revisi). PT Rineka Cipta.

Djiwandono, S. E. W. (2002). Psikologi pendidikan. PT Grasindo.

Gronlund, N. E. (1997). Constructing achievement tests. Prentice Hall, Inc.

Hamalik, O. (2006). Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. FIP UNY.

Hasibuan, M. S. P. (2005, August 19). Timpls. http://www.depdiknas.go.id/jurnal/25/timpls.htm

Hilgard, E. R. (1982). Introduction to psychology. Harcourt, Brace and World, Inc.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 457–467.

Maslow, A. H. (1996). Motivation and personality. Harper & Row.

McGaugh, I. J. (1977). Psychology: An experimental approach. Publishing Company.

Purwanto, M. N. (2007). Psikologi pendidikan. Rosdakarya.

Rapi, N. K. (2016). Pengaruh model pembelajaran dan jenis penilaian formatif terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 70–78.

Rasyad. (2001). Psikologi pendidikan. Rosdakarya.

Robbins, S. P. (2000). Organizational theory: Structure, design, and application. Prentice Hall.

Rusyan. (1999). Psikologi pendidikan. Rosdakarya.

Sabri. (2001). Psikologi pendidikan dan evaluasi pendidikan. Gramedia.

Sadiman, A. S. (2001). Media pendidikan. Rajawali Press.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2001). Media pembelajaran. Sinar Baru Algesindo.

Sumantri, M., & Permana, J. (1998). Strategi belajar mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Syaiful Sagala. (2006). Konsep dan makna pembelajaran. Alfabeta.

Syah, M. (2008). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Remaja Rosdakarya.

Thoha, M. (2001). Kepemimpinan dalam manajemen. Rajawali Pers.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Usman, M. U. (2009). Menjadi guru profesional. Remaja Rosdakarya.

Whitmore, J. (1997). Coaching for performance (Y. D. H. Purnomo, Trans.). Gramedia Pustaka Utama.

Winkel, W. S. (1996). Psikologi pengajaran. Gramedia.