TINJAUAN PERSPEKTIF: ASAL USUL BAHASA

Isi Artikel Utama

Elsa Naibaho
Christina Apriella Br silaban
Khurli Maulidhiyanto
Silvia Novianti

Abstrak

Asal usul bahasa merupakan topik multidisipliner yang hingga kini tetap menjadi perdebatan dalam linguistik, antropologi, biologi evolusi, dan neurosains karena ketiadaan bukti fosil yang dapat menjelaskan bentuk komunikasi manusia purba secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau berbagai perspektif ilmiah mengenai kemunculan bahasa dengan mengintegrasikan temuan biologis, sosial-budaya, arkeologis, dan teori-teori klasik. Metode yang digunakan adalah literature review dengan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) untuk mengumpulkan, menelaah, dan mensintesis literatur relevan yang terbit pada rentang 2015–2025, disertai teori-teori dasar sebagai landasan konseptual. Hasil kajian menunjukkan bahwa evolusi bahasa dipengaruhi oleh interaksi antara faktor biologis meliputi perkembangan otak, fungsi area Broca dan Wernicke dan faktor sosial-budaya yang mencakup kebutuhan kerja sama, transmisi budaya, serta dinamika interaksi kelompok. Di samping itu, teori klasik seperti Bow-Wow, Pooh-Pooh, Yo-He-Ho, dan Gesture memberikan gambaran awal mengenai kemungkinan bentuk komunikasi manusia sebelum berkembang menjadi sistem linguistik kompleks. Secara keseluruhan, tinjauan ini menegaskan bahwa bahasa merupakan hasil ko-evolusi antara kapasitas biologis dan kebutuhan sosial manusia, sekaligus memperjelas posisi bahasa sebagai elemen kunci pembentuk identitas, pola pikir, dan struktur sosial.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Naibaho, Elsa, Christina Apriella Br silaban, Khurli Maulidhiyanto, dan Silvia Novianti. “TINJAUAN PERSPEKTIF: ASAL USUL BAHASA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 13, 2025): 4996–5002. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4363.
Bagian
Artikel

Referensi

Aditoni, A. (2024). Asal-usul bahasa Arab: Analisis sinkronik dan diakronik. Prosiding Konferensi Nasional Adab dan Humaniora, 2, 167-174.

Ais, R. (2020). Komunikasi efektif di masa pandemi covid-19: pencegahan penyebaran covid-19 di era 4.0 (kkn-dr). Makmood publishing.

Ansya, Y. A. U., Halimatussakdiah, E. D. S., Mandasari, N. K., Humaira, N. U., & Rahma, M. (2025). Pendekatan Neurosains Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher).

Antonius, P. (2021). Bahasa: Rumah Kita Bersama. Gramedia Pustaka Utama.

Aprilda, N. M. M., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2021). Pengaruh afasia pada produksi ujaran dalam proses berbahasa. Jurnal Genre, 3(1), 10-16.

Fajar, D. P., & Aminulloh, A. (2023). Awal Mula Kemampuan Berkomunikasi: Sebuah Tinjauan Communibiology. Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 4(1), 29-42.

Gunarso, S., Ramadhanita, F. F., Fuadi, M. H., Suminto, M. A., Mauliansyah, F., Fathiyah, F., ... & Purwadi, P. (2024). Buku ajar teori komunikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lukman, L., & Widyastuti, C. S. (2024). Bahasa Indonesia Sebagai Produk Budaya dan Bagian Dari Bahasa Austronesia: Suatu Tinjauan Linguistik Historis Komparatif. Kajian Linguistik Dan Sastra, 3(1), 1-13.

Morissan, P. D. (2022). Sejarah Komunikasi Umat Manusia. Prenada Media.

Novia, Y. (2025). Bahasa, Simbol, Dan Makna: Analisis Antropologi Budaya Dalam Komunikasi Masyarakat. Jurnal Ilmu Bahasa, Sastra, dan Budaya, 1(1), 14-20.

Nurmawati, N. (2024). Gangguan Fonologi Pada Anak Speech Delay Di Slb Karya Ilahi Maumere Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur (Kajian Psikolinguistik) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Rohyana, H. (2024). Perkembangan Peserta Didik. Cahya Ghani Recovery.

Sabil, H., Asrial, A., Syahrial, S., Kiska, N. D., Saputri, J., Damayanti, L., ... & Silvia, N. (2021). Problem-Based Learning Model in Classroom Management with Scaffolding Techniques on Learning Outcomes and Student Independence. International Journal of Elementary Education, 5(4), 657-665.

Sibarani, R. (2024). Antropolinguistik: Sebuah Pendekatan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sihabudin, H. A. (2022). Komunikasi antarbudaya: Satu perspektif multidimensi. Bumi Aksara.

Sihite, M. A., Purba, P. P. N., & Noviyanti, S. (2024). ASAL USUL BAHASA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 145-149.

Suryaningsih, C., Pattipeilohy, A., & Muslim, B. (2025). Buku Referensi Metode Penelitian Ilmiah Modern Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran.

Syahrial, S., Asria, A., Sabil, H., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Kiska, N. D. (2022). Development of E-Module Based on the Traditional Puyuh Game on the Cooperation Character and the Tolerance of Elementary School Students. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 478-486.

Umam, K., & Ridlo, U. (2025). Pendekatan dalam Penelitian Bahasa dan Sastra. Journal of Literature Review, 1(2), 292-303.

Ustianti, S. P. (2025). Interaksi manusia dan kebudayaan. Mosaik Peradaban: Interaksi Manusia dan Kebudayaan, 70.

Yuliasari, Y., Hidayah, N., & Mahliatussikah, H. (2024). Pemerolehan Bahasa Ibu dalam Perspektif Psikolinguistik: Proses, Faktor, dan Implikasi. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, dan Sastra, 2(2), 327-343.

Yunidar, M. (2025). Bahasa, budaya, dan masyarakat: Perspektif sosiolinguistik kontemporer. Kaizen Media Publishing.