PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING DI KELAS IV SDN 200507 PADANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tema 6 cita citaku subtema 1 aku dan cita citaku melalui model pembelajaran active learning pada kelas IV SDN 200507 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada tema 6 subtema 1 aku dan cita citaku meningkatkan hasil belajar pada kelas IV SDN 200507 Padangsidimpuan. Penerapan model pembelajaran Role Playing pembelajaran tema 6 subtema 1 aku dan cita citaku pada kelas IV SDN 200507 Padangsidimpuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat terbukti peningkatan observasi aktivitas guru pada Siklus I memperoleh skor akhir pembelajaran adalah 66 dengan kriteria “cukup” menjadi dengan 85 dengan kriteria “tinggi” pada Siklus II. Begitu pun dengan hasil obsevasi aktivitas siswa pada Siklus I memperoleh skor akhir pembelajaran pembelajaran 68 dengan kriteria “cukup” menjadi 77 dengan kriteria “tinggi” pada Siklus II. Penerapan model pembelajaran Role Playing pada tema 6 sub tema 1 aku dan cita citaku di kelas IV SDN 20057 Padangsidimpuan mengalami peningkatan hasil belajar terbukti dari Siklus I mendapatkan nilai rata rata kelas 70% dengan kriteria ”cukup” dan untuk persentase yang tuntas belajar sebanyak 17 orang atau 39,53% dan tidak tuntas sebanyak 26 orang atau 60,46% dari 43 siswa meningkatkan pada Siklus II pembelajaran subtema aku dan cita citaku rata rata kelas 80% kriteria “tinggi” dan untuk persentase yang tuntas belajar 88,37 atau sebanyak 38 orang dan yang tidak tuntas 11,62% atau sebanyak 5 orang. Hal tersebut sudah mencapai target yang peneliti tetapkan dengan kriteria tingkat keberhasilan siswa 86- 90 sudah termasuk kategori ‘Sangat Tinggi’ pada siklus II.
Kata kunci: Hasil Belajar, Role Playing
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.