PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING DI KELAS IV SDN 200507 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Misna Arwani
Samakmur Samakmur
Sartika Rati Asmara Nasution
Eko Sucahyo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tema 6 cita citaku subtema 1 aku dan cita citaku melalui model pembelajaran active learning pada kelas IV SDN 200507 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada tema 6  subtema 1 aku dan cita citaku meningkatkan hasil belajar pada kelas IV SDN 200507 Padangsidimpuan. Penerapan model pembelajaran Role Playing pembelajaran tema 6 subtema 1 aku dan cita citaku pada kelas IV SDN 200507 Padangsidimpuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat terbukti peningkatan observasi aktivitas guru pada Siklus I memperoleh skor akhir pembelajaran adalah 66 dengan kriteria “cukup” menjadi dengan 85 dengan kriteria “tinggi” pada Siklus II. Begitu pun dengan hasil obsevasi aktivitas siswa pada Siklus I memperoleh skor akhir pembelajaran pembelajaran 68 dengan kriteria “cukup” menjadi 77 dengan kriteria “tinggi” pada Siklus II. Penerapan model pembelajaran Role Playing pada tema 6 sub tema 1 aku dan cita citaku di kelas IV SDN 20057 Padangsidimpuan mengalami peningkatan hasil belajar terbukti dari Siklus I mendapatkan nilai rata rata kelas 70% dengan kriteria ”cukup” dan untuk persentase yang tuntas belajar sebanyak 17 orang atau 39,53% dan tidak tuntas sebanyak 26 orang atau 60,46% dari 43 siswa meningkatkan pada Siklus II pembelajaran subtema aku dan cita citaku rata rata kelas 80% kriteria “tinggi” dan untuk persentase yang tuntas belajar 88,37 atau sebanyak 38 orang dan yang tidak tuntas  11,62% atau sebanyak 5 orang. Hal tersebut sudah mencapai target yang peneliti tetapkan dengan kriteria tingkat keberhasilan siswa 86- 90 sudah termasuk kategori ‘Sangat Tinggi’ pada siklus II.


 


Kata kunci: Hasil Belajar, Role Playing

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Arwani, Misna, Samakmur Samakmur, Sartika Rati Asmara Nasution, dan Eko Sucahyo. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING DI KELAS IV SDN 200507 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 110–116. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/669.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>