RUBBER (RUMAH BACA BUKU CERITA ) SEBAGAI USAHA PEMBENTUKAN MINAT MEMBACA ANAK ANAK TINGKAT SD DI PIJORKOLING PADANGSIDEMPUAN

Isi Artikel Utama

Inna Syakinah
Anni Rahimah Rahimah
Irwan Saleh Rambe
Rostiani Nasution

Abstrak

Membaca Merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan  dan proses memahami isi teks dengan brersuara atau dalam hati. Membaca dapat juga di artikan dengan  mengungkapkan sesuatu imanjinasi terhadap suatu pembaca  yang disukai khalayak ramai dan juga di mengerti .Membaca juga merukan salah satu bagian literasi. Yang di maksud dengan literasi adalah: , Seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara , menghitung , dan memcahkan masalah pada tingkat keahlian  tertentu yang di perlukan dalam kehidupan sehari hari. Seperti  yang kita ketahui sebagian besar bagi seorang peserta didik , terutama peserta didik yang sedang duduk di bangku sekolah dasar mereka merasakan bahwa kegiatan membaca itu adalah suatu kegitan yang membosankan. Terutama  ketika bahan  buku bacaan nya tersebut berbentuk bacaan semua artinya buku tersebut tidak memiliki gambar, seperti:Binatang. Seperti yang terjadi di desa pijorkoling tempat saya melakukan PkM begitu saya mengeluarkan beberapa buku bacaan mereka langsung berkata  pasti kami di suruh membaca kan kak,padahal membaca adalah hal yang sangat membosankan. Dan ada juga dari salah satu mereka yang suka membaca tetapi tidak  semua buku bacaan yang ia sukai, hanya beberapa saja.


Reading is an activity to see what is written and the process of understanding the contents of the text aloud or silently. Reading can also be interpreted by expressing something imaginative to a reader who is liked by the general public and is also understood. Reading is also a part of literacy. Literacy is a set of individual abilities and skills in reading, writing, speaking, calculating, and solving problems at a certain level of expertise that is needed in everyday life. As we know, most of the students, especially students who are in elementary school, feel that reading is a boring activity. Especially when the reading material is in the form of reading, it means that the book does not have pictures, such as: Animals. As happened in the village of Pijorkoling where I did PkM, as soon as I took out some reading books, they immediately said that we must be told to read, Sis, even though reading is a very boring thing. And there is also one of them who likes to read but not all reading books that he likes, only a few

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Syakinah, Inna, Anni Rahimah Rahimah, Irwan Saleh Rambe, dan Rostiani Nasution. “RUBBER (RUMAH BACA BUKU CERITA ) SEBAGAI USAHA PEMBENTUKAN MINAT MEMBACA ANAK ANAK TINGKAT SD DI PIJORKOLING PADANGSIDEMPUAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 24, 2022): 313–317. Diakses April 26, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1012.
Bagian
adam

Referensi

Akbar maulana,dkk.2019, Peran Rumah Baca “CEGER MEMBACA”Dalam Minat Baca

Di desa Ceger Jurang Mangu Barat, Seminar Nasioan, Pengabdian kepada masya

RakatLPPM UMJ, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 24 September 2019.

Aprilia Nadya, 2018, Pengembangan buku cerita bergambar berbasis pendidikan lingkungan

Hidup untuk pembelajaran membaca di kelas II SD, Artikel ilmiah, program studi,no 2

Ruslan, dkk. 2019, Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa, seminar nasional pendidikan

Pasca sarjanaUniversitas PGRI Palembang 12 Januari 2019

Surtiawati cucu, 2009, menumbuhkan minat membaca sebagai upaya peningkatan mutu tenaga

Pendidik paud di Indonesia, jurnal ilmiah VISI-PTK-PNP, vol 4. no 2.

Sari, dkk. 2017.Budaya Literasi di kalangan mahasiswa FB UNY, LITERA, Vol 16. No 1

Artana Ketut, 2016, Upaya Menumbuhkan Minta Baca pada anak, Acarya Pustaka, Vol 2. No.1

Irewalati, dkk.Meningkatkan Kemmapuan memebaca permulaan dengan menggunakan media gamabar

Kelas 1di Mint Buol, Jurnal kreatif Tadulako online,Vol 5. No. 4

Soraya lin, 2015, Faktor faktor yang mempengaruhi minat mastayarakat jakarta dalam mengakses fortal

Media jakarta smart city, jurnal komunikasi. Vol VI. No 1

Krismanto wawan, 2015,meningktakan kemampuan membaca pemahaman melalui metode survey,

Question, read,recitive, review (SQR) pada siswa kelas IV SDNEGERI 46 parare, jurnal

Publikasi pendidikan.Vol V. No 3.

Lisnawati lis, 2019, literat melalui presentasi, jurnal metaedukasi. Vol 1. No 1.