GERSENA ( GERAKAN KESEHATAN ANAK) PADA SISWA MDTA DI DESA BINANGA

Isi Artikel Utama

Khoiruddin Saleh Siregar
Rolia Siregar
Sapitri Siregar
Melfi Mutiah Hasibuan

Abstrak

Aktivitas fisik atau olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik anak dan remaja seperti meningkatkan leanbody mass, kekuatan otot dan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, peredaran darah, dan mengontrol berat badan. Lebih jauh, olahraga memiliki manfaat non fisik, antara lain meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan belajar dan berlatih, meningkatkan kesehatan mental psikologis, dan membantu anak mengurangi stres.


Bentuk olahraga yang dianjurkan antara lain jogging, olahraga aerobik, berlari, naik sepeda cepat, berjalan menanjak, dan bela diri. Olahraga jenis ini termasuk dalam vigorous-intensitya ctivity, yang menggunakan energy lebih dari 7kcal permenit dan memiliki manfaat lebih baik dibandingkan dengan moderate-intensity yang menggunakan energy sekitar 3,5-7 kcal permenit. Contoh dari olahraga moderate-intensity antara lain berjalan hingga berjalan cepat, senam, dan naik sepeda santai.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Siregar, Khoiruddin Saleh, Rolia Siregar, Sapitri Siregar, dan Melfi Mutiah Hasibuan. “GERSENA ( GERAKAN KESEHATAN ANAK) PADA SISWA MDTA DI DESA BINANGA”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 15, 2022): 42–48. Diakses Juli 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1129.
Bagian
adam

Referensi

Achmadi, U. F, Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo, 2013.

Grafindo Adisasmito, W, Sistem Kesehatan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Adriani, M. & Wirjatmadi, Gizi dan Kesehatan Balita Peranan Mikro Zinc pada Pertumbuhan Balita, Jakarta: Kencana, 2014.

Anindita, P, “Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu, Pendapatan Keluarga, Kecukupan Protein & Zinc Dengan Stunting (Pendek) Pada Balita Usia 6-35 Bulan di Kecamatan Tembalang Kota Semarang”, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 1 No. 2, 2012.

Arisman, Buku Ajar Ilmu Gizi, Gizi Dalam Daur Kehidupan, Edisi 2, Jakarta: EGC,2010.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama