PENGEMBANGAN DESA LOA DURI ILIR KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA BERKELANJUTAN BERBASIS POTENSI DESA

Isi Artikel Utama

Ansahar Tajuddin
Rizal Rizal
Ratna Zuli Yanti
Indri Yaninurdiyah
Sheilyn Sonia Syahfira
Siti Julaiha
Nadya Auliya
Nissa Kartika Damayanti
Novia Noviyanti
Pratama Edo Prasetyo
Sarifah Huri Trisnawati
Ahmat Zailani
Dikky Septiandi
Ahmad Riadi
Efri Novianto

Abstrak

         Pengabdian ini bertujuan mentransformasikan ilmu yang didapatkan diperguruan tinggi ke masyarakat untuk memecahkan masalah secara komprehensif, lintas sektoral, pragmatis dan menanamkan Learning Comunity dan Learning society. Metode pengabdian pada masyarakat yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian secara umum diartikan sebagai pola atau sistem tindakan yang akan dilakukan, ataupun urutan atau tahapan-tahapan yang perlu dalam menjalankan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang disampaikan secara deskriptif.  Hasil pengabdian menunjukkan bahwa, dari 8 program kerja yang di rencanakan pada aspek ketercapaian program kerja telah tercapai 100% yang telah dianalisis berdasarkan progress pengabdian dan waktu yang tersedia. Pemetaan potensi desa dan identifikasi masalah didapatkan dilapangan. Hasil Pemetaan potensi desa Loa Duri Ilir menunjukkan bahwa terdapat potensi desa yang dapat dikembangkan yaitu wisata Kolam Pemandian dan wisata Gantungan (flying fox) serta peternakan Madu Kelulut yang dikelolah oleh BumDes secara berkelanjutan dengan terbangunnya infrastruktur berupa adanya Fotobooth dan penataan tanaman berupa Pot Bunga berbahan Ban yang ditata secara rapi dan indah. Hasil identifikasi masalah terdapat faktor-faktor penghambat seperti sumberdaya pengelola dan dukungan instansi yang terkait serta informasi dan akses. Disimpulkan bahwa pengembangan Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara berbasis potensi desa yang dimiliki dapat berkembang dan berkelanjutan.


Kata kunci: Transformasi, Berkelanjutan, Wisata Desa, Potensi Desa

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tajuddin, Ansahar, Rizal Rizal, Ratna Zuli Yanti, Indri Yaninurdiyah, Sheilyn Sonia Syahfira, Siti Julaiha, Nadya Auliya, Nissa Kartika Damayanti, Novia Noviyanti, Pratama Edo Prasetyo, Sarifah Huri Trisnawati, Ahmat Zailani, Dikky Septiandi, Ahmad Riadi, dan Efri Novianto. “PENGEMBANGAN DESA LOA DURI ILIR KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA BERKELANJUTAN BERBASIS POTENSI DESA”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 30, 2022): 318–334. Diakses April 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1169.
Bagian
adam

Referensi

Republik Indonesia.Undang-Undang No 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi

Murdjito. 2012 Pelatihan Metodologi Pada Masyarakat.

Saharuddin. 2017. Pengabdian KKN-PPM Desa Wonorejo Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. RESONA Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat. VOL 1(1): 20-25

Dina Sisilia. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Desa Wisata Kungkuk Dengan Pendekatan Sustainable Livelihood Approach. Universitas Brawijaya Malang.2021

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Program KKN-PPM, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dirjen DIKTI.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

LPPM. 2022. Panduan KKN angkatan XXX Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong.