PROGRAM KULIAH KERJA NYATA (KUKERTA) SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING DESA TASIK SERAI, KEC.TALANG MUANDAU, KAB. BENGKALIS

Isi Artikel Utama

Selly Prima Desweni
Claudia Beatrix Elizabeth
Aulia Nova

Abstrak

Stunting menjadi permasalahan yang mendesak untuk diselesaikan karena berdampak pada kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa depan. Sumber daya manusia adalah faktor utama penentu kesuksesan sebuah negara. jurnal ini bertujuan untuk sosialisasi sosialisasi pencegahan stunting di Desa Tasik Serai. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan subjektif . sumber data yang digunakan dalam jurnal ini adalah dengan observasi, wawancara dan data kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,   di   hulu   (level   kebijakan)   telah ada kebijakan kesehatan desa yang dilahirkan sebagai upaya pencegahan stunting, namun pada kenyataannya angka penurunan stunting masih jauh dari yang ditargetkan. Di desa masih terdapat banyak masyarakat yang belum memiliki penguasaan pengetahuan yang memadai terkait stunting itu sendiri, baik dampaknya, faktor penyebabnya, hingga cara penanggulangannya. Kebijakan penanggulangan stunting terkesan masih berada pada isu stunting seolah masih terdengar asing. Oleh karena itu, masih sangat diperlukan sosialisasi secara massif terkait stunting, dampak yang ditimbulkan, urgensi penanggulangannya, dan upaya penanggulangan stunting pada tataran akar rumput, sebagai bentuk upaya preventif individual tanpa bergantung pada program pemerintah saja, sebab penanggulangan stunting adalah masalah mendesak yang mesti ditangani oleh semua pihak dengan segera tanpa menunggu apapun.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Desweni, Selly Prima, Claudia Beatrix Elizabeth, dan Aulia Nova. “PROGRAM KULIAH KERJA NYATA (KUKERTA) SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING DESA TASIK SERAI, KEC.TALANG MUANDAU, KAB. BENGKALIS”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 79–83. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1187.
Bagian
adam

Referensi

Rahmawati, 2020. SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING UNTUK MENINGKATKAN SUMBER

DAYA MANUSIA UNGGUL, 1, pp.79–84. Available at:

http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/6512/5476.

Indrastuty, D., & Pujiyanto. (2019). Determinan Sosial Ekonomi Rumah Tangga dari Balita Stunting di

Indonesia: Analisis Data Indonesia Family Life Survey (IFLS) 2014. Jurnal Ekonomi Kesehatan

Indonesia, 3(2), 68–75. https://doi.org/10.7454/eki.v3i2.3004

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, & UNICEF. (2017). Laporan Baseline SDG

tentang Anak-Anak di Indonesia. In Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional

(Bappenas) dan United Nations Children’s Fund (UNICEF). BAPPENAS dan UNICEF.

https://www.unicef.org/indonesia/id/SDG_Baseline_report.pdf