PENDAMPINGAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KONTEN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DI SLB TUNAS KASIH SEDAYU

Penulis

  • Imam Suharjo Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Indah Susilawati Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Putry Wahyu Setyaningsih Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37081/adam.v2i1.1317

Abstrak

Menguasai video editing merupakan salah satu kemampuan pendukung yang berguna bagi guru di Sekolah dalam menyusun dan menyajikan materi pelajaran kepada siswa. Video editing dapat membantu guru menambahkan elemen visual dan audio ke dalam video, sehingga materi pelajaran lebih menarik bagi siswa. Selain itu, ketrampilan ini juga dapat membantu guru menyusun materi pelajaran secara lebih efektif, sehingga mempermudah penyampaian materi kepada siswa.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan oelh Tim Dosen dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan berisi Pelatihan teknik video editing menggunakan aplikasi Capcut di perangkat smartphone. Selain itu Pendampingan pelatihan unggah konten dan berbagai di sosial media menggunakan smartphone ke kanal Youtube untuk admin pengelola sosial media.

Pelatihan dilaksanakan di Sekolah SLB Tunas Kasih Sedayu menggunakan ruang kelas dan lokasi pengambilan video disekitar sekolah. Keguatan ini dirasakan bagus oleh guru-guru dan sangat bermanfaat. Aplikasi yang digunakan mudah dipahami dan mudah digunakan. Pelatihan dan pendampingan berguna untuk membuat media pembelajaran untuk siswa kami yang berkebutuhan khusus. Harapannya diadakan kembali pelatihan serupa dengan materi yang berbeda.

Referensi

Data Kemdikbud, 2022, Profile SLB Tunas Kasih, https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/

Fokuskampus, 2022, PentingnyaPembuatanKonten Video Yang Baik, https://fokuskampus.com/2022/09/14/pentingnya-pembuatan-konten-video-yang-baik/

Novita SholehatulUmroh, Eka Pramono Adi, Saida Ulfa, 2019, Multimedia Tutorial UntukMenumbuhkanMinat Baca Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7628

PusdatinKemdikbud, 2017, Merancang Model Multimedia untuk Anak BerkebutuhanKhusus, https://pusdatin.kemdikbud.go.id/merancang-model-multimedia-untuk-anak-berkebutuhan-khusus/

Sedayu Net, 20 22, SLB Tunas Kasih SedayuWisudaSiswa TA 2021/2022, https://sedayu.net/2022/06/15/slb-tunas-kasih-sedayu-wisuda-siswa-ta-2021-2022/

UMBY,2022, Pemahaman Visi – Misi,https://dpm.mercubuana-yogya.ac.id/pemahaman-visi-misi/

SLB TKS, 2022, Web SLB Tunas kasih sedayu, http://slbtunaskasih-sedayu.sch.id

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-10

Cara Mengutip

Suharjo, Imam, Indah Susilawati, dan Putry Wahyu Setyaningsih. “PENDAMPINGAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KONTEN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DI SLB TUNAS KASIH SEDAYU”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 206–216. Diakses Maret 26, 2023. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1317.