TRAUMA HEALING ANAK USIA SEKOLAH PASCA BANJIR DENGAN PERMAINAN MATEMATIKA DI KOTA BENGKULU

Penulis

  • fatrima syafri Uin Fas Bengkulu
  • Nelpa Sari Universitas Islam Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Tika Nurhayanti Universitas Islam Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Lara Lara Universitas Islam Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Cindy Faleka Universitas Islam Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Hengki Firmansyah Universitas Islam Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.37081/adam.v2i1.1323

Abstrak

Bencana banjir memberikan dampak besar bagi anak usia sekolah diantaranya anak mengalami kesulitan untuk bersekolah dengan kondisi yang mereka alami dan beban psikologi, dimana dapat menurunkan minat dan motivasi mereka dalam belajar. Oleh karena itu, selaku pelaksana dalam dunia Pendidikan perlu merancang dan melaksanakan sebuah kegiatan atau program yang dapat membantu pemulihan psikologi anak-anak tersebut melalui belajar yang menyenangkan. Salah satu cara yang dapat membuat suasana menyenangkan bagi anak usia sekolah yaitu dengan bermain permainan matematika. Diharapkan permainan matematika ini dapat membantu menyembuhkan luka trauma dalam diri anak pasca banjir.

Referensi

Darmiany., Rosyidah, A.N.K., Karma, I.N., Witono, H. (2019). PGSD untuk Negeri: terapi bermain sebagai bentuk trauma healing bagi anak-anak korban gempa Lombok. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol 2. No.2 Mei 2019.

Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Hatta, K. (2016). Trauma dan pemulihannya: suatu kajian berdasarkan kasus pasca konflik dan Tsunami. Dakwah Ar-Raniry Press

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-10

Cara Mengutip

syafri, fatrima, Nelpa Sari, Tika Nurhayanti, Lara Lara, Cindy Faleka, dan Hengki Firmansyah. “TRAUMA HEALING ANAK USIA SEKOLAH PASCA BANJIR DENGAN PERMAINAN MATEMATIKA DI KOTA BENGKULU”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 150–154. Diakses Maret 27, 2023. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1323.