TRAUMA HEALING ANAK USIA SEKOLAH PASCA BANJIR DENGAN PERMAINAN MATEMATIKA DI KOTA BENGKULU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Bencana banjir memberikan dampak besar bagi anak usia sekolah diantaranya anak mengalami kesulitan untuk bersekolah dengan kondisi yang mereka alami dan beban psikologi, dimana dapat menurunkan minat dan motivasi mereka dalam belajar. Oleh karena itu, selaku pelaksana dalam dunia Pendidikan perlu merancang dan melaksanakan sebuah kegiatan atau program yang dapat membantu pemulihan psikologi anak-anak tersebut melalui belajar yang menyenangkan. Salah satu cara yang dapat membuat suasana menyenangkan bagi anak usia sekolah yaitu dengan bermain permainan matematika. Diharapkan permainan matematika ini dapat membantu menyembuhkan luka trauma dalam diri anak pasca banjir.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Darmiany., Rosyidah, A.N.K., Karma, I.N., Witono, H. (2019). PGSD untuk Negeri: terapi bermain sebagai bentuk trauma healing bagi anak-anak korban gempa Lombok. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol 2. No.2 Mei 2019.
Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Hatta, K. (2016). Trauma dan pemulihannya: suatu kajian berdasarkan kasus pasca konflik dan Tsunami. Dakwah Ar-Raniry Press