EDUKASI PENCEGAHAN HIV/AIDS PADA REMAJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PRABUMULIH TIMUR TAHUN 2022

Isi Artikel Utama

Selamat Parmin
Serli Wulan Safitri
Ida Erliza

Abstrak

Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah suatu kumpulan gejala penyakit kerusakan system kekebalan tubuh. Penyakit HIV-AIDS menjadi masalah kesehatan global baik negara maju maupun negara berkembang jumlah kasus HIV-AIDS pada remaja di Indonesia mengalami peningkatan, pengetahuan cara penularan HIV-AIDS sangat penting dalam upaya pencegahan HIV-AIDs pada remaja selain tingkat pengetahuan tidak kalah penting yaitu peran keluarga dalam upaya pencegahan HIV-AIDS pada remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan peran keluarga dengan upaya pencegahan HIV-AIDS pada remaja dipuskesmas Prabumulih timur. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif kerolasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel mengunakan non Probality random Sampling dengan Accidential sampling. Tempat penelitian diwilayah puskesmas Prabumulih Timur pada tanggal 20 Agustus -10 September 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja yang ada diwilayah kerja Puskesmas Prabumulih timur Baik laki- laki maupun Perempuan berusia 13-21 tahun dan untuk sampel 177 responden. Hasil penelitian didapatkan berdasarkan uji chi Square ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan upaya pencegahan HIV-AIDS pada remaja dengan nilai P- value 0,000, dan ada hubungan peran keluarga dengan upaya pencegahan HIV-AIDS pada remaja dengan nilai P-value 0,001.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Parmin, Selamat, Serli Wulan Safitri, dan Ida Erliza. “EDUKASI PENCEGAHAN HIV/AIDS PADA REMAJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PRABUMULIH TIMUR TAHUN 2022”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 62–68. Diakses Juli 3, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1331.
Bagian
adam

Referensi

Anggun M.Y,Firman, Rudinal,(2019) peran orang tua dalam pencegahan penyimpangan orientasi seksual pada anak dikota Padang. Universitas Negeri Padang.

Atik A, Widiyono, dkk (2021) Gambaran Pengetahun Remaja tentang Penyakit HIV/AIDS,Universitas Sahid Surakarta

Colting S,Bambang H, dkk (2018) Peran keluarga dalam pencegahan HIV/AIDS dikecamatan Purwokerto selatan,Universitas Jendral Soedirman

Coroline K, Mphil, dkk (2020) Acceptability, feasibility, and preliminary effecacy of a resilience- oriented family intervention to prevent adolescent HIV and depression : Apilot randomized control Trial.PMC

Diah R. Nourmayansa V,A. (2021) The influence of perception of social support and family health tasks on HIV/AIDS prevention Behavior In adolescents.Universitas Pembangunan Nasonal Veteran Jakarta. Indonesia

Desak M, F,S,P. dkk(2021) Gambaran tingkat pengetahuan remaja Tentang HIV/AIDS di sma N 1 Selemadeg.stikues Advaita Medika Tabanan.

Diyanah K.(2021) Pengetahuan Remaja tentanf HIV/AIDS.stikes Muhammadiyah Cirebon

Ernawan, Budhy (2017) asuhan keperawatan pasien Dengan gangguan Sistem Imonologi, yogyakarta .Pustaka baru Press.

I Ketut A, P. Hendra S.(2018) Hubungan Tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan Sikap Pencegahan HIV/AIDS pada remaja. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jembrana.

Maria A, sondang R, S. Sudibyo S. (2019) Hubungan antara pengetahuan , sikap dan perilaku pencegahan HIV/AIDS pada siswa SMPN 251 Jakarta. STIK St.Carolus.

Nunung N, Binahayati R. ( 2018) Pengetahuan remaja terhadap HIV-AIDS. Universitas Padjadjaran.

Nur E.S, Fetty C.W(2017) Hubungan pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS dengan pencegahan HIV/AIDS di SMA Negeri 10 purworejo Kabuaten purworejo.

Ramadhaningtyas M.F, Hardjono, dkk(2021) Pengaruh Sistem Pendidikan Terhadap Perilaku pencegahan penyakit HIV/AIDS Pada SMP Di Surakarta, Universitas Sebelas Maret.

Sri R, Riski S. Dkk ( 2018) Hubungan Peran Keluarga dan informasi terhadap pengetahuan siswa tentang pencegahan HIV AIDS . universitas serambi Mekkah.

Siti M.WD. Catur E.P. dkk (2021) Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja tentang HIV/AIDS di SMK N 3 Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Tin H, Diah. Dkk (2020) Faktor faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi keluarga di indonesia. Intitut Pertanian Bogor.

Tolbent M, Norman M, dkk (2021) Knowledge of HIV prevention Mrthods among adolescents. University of cafe town.

Uche L.I, Chimaobi S. Dkk (2019) Viewpoint on Family Life and negeria Secondary schools.internasional Medical research.

Stunley L, Kiyaadh I, dkk (2021) Knowledge level of Grade XII Senior High school student regarding HIV/AIDS. Universitas Sumatra Utara.Indonesia

Yetik M, Muhammada A (2017) perilaku pencegahan Penularan HIV/AIDS. Universitas Negeri Semarang.

Menteri Kesehatan RI Direktorat Jenderal pencegahan dan pengendalian penyakit, (2021) laporan perkembangan HIVAIDS dan penyait Infeksi Menular seksual (PIMS) 2021.