STUDI LAPANGAN: MENELUSURI JEJAK PENINGGALAN ISLAM DI BARUS

Isi Artikel Utama

Ulfah Nury
Royhanun Siregar
Duwi Andika
Rita Alda Sari
Siti Fatimah
Ummi Ummi
Wenni Lestari

Abstrak

Penyebaran Islam yang meluas juga sampai ke Barus. Barus adalah sebuah kota kecamatan yang termasuk dalam jurisdiksi Kabupaten Tapanuli Tengah di Sumatera Utara. Kabupaten Tapanuli Tengah yang beribukota di Kota Pandan yang terletak percis di sisi pantai nan indah di sebelah barat menghadap Samudra Hindia (Indian Ocean).Barus dalam sejarahnya yang panjang, pernah menjadikan Islam sebagai kekuatan sosial dan politik yang berwujud kerajaan dan pernah berjaya. Oleh karena itu Barus diidentikkan dengan kerajaan Islam dan penduduknya mayoritas muslim. Terdapatnya makam Papan Tinggi atau yang disebut juga makam Tangga Seribu adalah makam Syeikh Mahmud, berada di kecamatan Barus Utara, tepatnya di desa Penanggahan  merupakan salah satu bukti bahwa Islam pernah hadir di Barus. Studi lapangan yang dilakukan mahasiswa sejarah ini merupakan salah satu aplikasi dari mata kuliah sejarah Indonesia masa Islam. Tujuan dari studi lapangan tersebut ingin melihat langsung sumber dan melakukan observasi terhadap peninggalan Islam di barus. Studi Lapangan di lakukan pada hari Sabtu, 22 November 2022 berlokasi di Makam papan Tinggi.


Kata kunci : Barus, Islam

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nury, Ulfah, Royhanun Siregar, Duwi Andika, Rita Alda Sari, Siti Fatimah, Ummi Ummi, dan Wenni Lestari. “STUDI LAPANGAN: MENELUSURI JEJAK PENINGGALAN ISLAM DI BARUS”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 155–159. Diakses Juni 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1333.
Bagian
adam

Referensi

Bahrum Saleh. 2020. Barus Sebagai Titik Nol Peradaban Islam Di Nusantara. Medan: Perdana Publishing.

Erwadi, “Melacak Jejak-jejak Peradaban Islam di Barus,” HIKMAH, Vol. VIII, No. 01 Januari 2014, 41-52.

Hera Hastuti, dkk. 2022. Nusantara Zaman Peradaban Islam. Bandung : manggu Makmur Tanjung Lestari.

Misri A. Muchsin. “Barus Dalam Sejarah: Kawasan Percaturan Politik, Agama Dan Ekonomi Dunia”. ADABIYA, Volume 19 No. 1 Februari 2017

Ricklefs, M.C. (1991). Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.