GEMAR MEMBACA DAN BERCERITA BAGI ANAK-ANAK TK DI TK DARUSSALAM NW SUKAREMA

Isi Artikel Utama

Nurul Wahidah
Sukardi Sukardi
Anisa Nur’aini
M. Afan

Abstrak

Membaca merupakan sebuah  aktifitas yang sangat baik untuk mendukung perkembangan seseorang dalam memahami sesuatu.  Dengan membaca akan memubuka jendela dunia. Membaca menambah wawasan dan khasanah pengetahuan. Menumbuhkan minat atau kegemaran dalam membaca diperlukan cara atau metode dan media dalam merealisasikannya. Cerita dan dongeng adalah hal pertama yang menarik bagi anak-anak khususnya di Taman Kanak-kanak (TK)  untuk dibaca atau di bacakan (diperdengarkan). Para pendidik harus cerdas dan pandai dalam memilih  tema-tema  yang akan dibaca. Proses belajar membaca akan telaksana dengan baik bila media yang diguanakan menarik.  Guru bisa menggunakan media diantaranya; cerita bergambar, dongeng-dongeng  yang mengandung nilai moral, kisah-kisah yang menarik dan memberi kesan gembira dan bahagia.   Membangkitkan kegemaran membaca perlu tindakan nyata dan didukung oleh lingkungan yang kondusif.  


Kata kunci : membaca, cerita dan dongeng, Taman Kanak-kanak.


Abstract


Reading is a good aktifity for improving human understanding of a thing.  Reading routine will explore the world. Reading also will be become a insight of knowledge. To supply encourage the interest and delightful are needed a good media and method for its realization. Story and fable are the first  point thing which are interested in kindegarden students. These stories will be read by the teacher. Teachers should choose the good theme wisely. The process of reading will be run well if it uses the interesting media. Teachers are also can be used the media  such as like illustration story, picture stories, stories which is contain good moral value and give a lovely impressive ending, and others.  To build a motivation reading for students is supported by a conducive enviorenment.


Keywords: Reading, story and fable, Kindegarden


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wahidah, Nurul, Sukardi Sukardi, Anisa Nur’aini, dan M. Afan. “GEMAR MEMBACA DAN BERCERITA BAGI ANAK-ANAK TK DI TK DARUSSALAM NW SUKAREMA”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 46–53. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1336.
Bagian
adam

Referensi

Gunawan, D. I Gede. 2019. Cerita Dongeng Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Ejournal iahntp. Tampung-Penyang. Palangka Raya. Vol. XVII. No.1.

Hurlock, B. Elizabeth. 1972. Child Development. Fifth Edition. McGraw-Hill Book Company.

Irna. 2019 Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga.Jurnal Fascho Kajian Pendidikan dan sosial Kemasyarakatan. Vol 1 No. 1.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Praktik dan Pembelajaran). UNP Press Padang.

Wahyuni, Siti. Dkk.2021. Hubungan Metode Bercerita dengan Minat Belajar Anak Usia Dini. Mitra Ash-ibyan:jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4 No, 2.