KEGIATAN PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN DALAM PRAKTEK LITERASI NUMERASI DAN KARAKTER PADA GURU-GURU SMP SE-KABUPATEN DELI SERDANG

Penulis

  • Dewi Purnama Sari STKIP Amal Bakti
  • Umi STKIP AMAL BAKTI
  • widodo STKIP AMAL BAKTI
  • Azizah STKIP AMAL BAKTI

DOI:

https://doi.org/10.37081/adam.v2i1.1378

Abstrak

Penguatan literasi,numerasi, dan karakter merupakan usaha yang penting dilakukan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Era Digitaldan Era Disrupsi. Kegiatan pendampingan proses pembelajaran dalam praktek literasi numerasi dan karakter pada guru-guru SMP se-Kabupaten Deli Serdang dilakukan dalam waktu 4 bulan dan 1 kali pertemuan  setiap bulan. Kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap penyusunan tim, observasi sekolah, pembuatan modul/materi yang akan disampaikan hingga kegiatan pendampingan. Dalam menyampaikan materi tim pengabdian masyarakat menggunakan berbagai metode, tanya jawab, diskusi, ceramah dan penugasan.  Semua metode tersebut di gunakan sesuai dengan kebutuhan misalnya ceramah pada saat tim pengabdian masyarakat memberikan informasi yang dibutuhkan serta penguatan pada setiap materi yang di sampaikan guru-guru saat tampil dalam menyampaikan materi ajar dengan menerapkan literasi, numerasi dan karakter.  Tanya jawab saat sesi peserta guru yang mengikuti kegiatan ini bertanya, menambah, menanggapi paparan materi yang disampaiakn peserta yang maju. Dan begitu juga dengan metode yang lainnya digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dari kegiatan yang dilakukan dapt diperoleh hasil bahwa kegiatan  pendampingan proses pembelajaran dalam praktek literasi numerasi dan karakter pada guru-guru SMP se-Kabupaten Deli Serdang Serdang dapat meningkatkan gairah dan motivasi peserta dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di sekolah masing-masing. Sehingga tidak ditemukan lagi guru-guru kesulitan dalam menjalankan kurikulum Merdeka Belajar. Pelatihan ini juga menjadikan peserta semakin mau belajar bagaimana menerapka modul dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga tercapai tuuan yang ingin dicapai yaitu tentang penguatan literasi, numerasi dan karakter pada sasaran belajar yaitu siswa SMP.

Referensi

Admin Sevima. (2020). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Dipetik Agustus 18, 2021, dari Sevima: https://sevima.com/ pengertianliterasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/BP PAUD DAN DIKMAS NTT. (2019, Desember 17).

Gerakan Literasi Nasional. (2021). Kemendikbud Luncurkan Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Dipetik Agustus 19, 2021, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia : https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/kemendikbud-luncurkankampus-mengajar-angkatan-1-tahun-2021/

Raja R,A,L, dkk. (2022). Penguatan Literasi Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Di SDN 101842 Sikeben Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta. Vol 2, No, 2

Kemendikbud. (2020). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta :

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-10

Cara Mengutip

Purnama Sari, Dewi, Tumiyem M.Pd kons, Hadi Widodo, dan Azizah Yusra Amaliyah Hrp. “KEGIATAN PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN DALAM PRAKTEK LITERASI NUMERASI DAN KARAKTER PADA GURU-GURU SMP SE-KABUPATEN DELI SERDANG”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 69–78. Diakses Maret 26, 2023. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1378.