INSTALASI MIKROTIK PADA VIRTUALBOX DAN PENGKONEKSIAN ANTARA MIKROTIKDI VIRTUALBOX DENGAN WINBOX DI SMK S TERUNA PADANG SIDEMPUAN

Isi Artikel Utama

Rahmad Fauzi
Ahmad Zainy
Ilham Sahdi Lubis
Ahmad Bay Haqi
Anggi Zumaidil Akhir
Binsar Kumana
Nurtiani Simamora
Rini Juliana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Instalasi mikrotik dengan  virtual box ke winbox  dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi belajar siswa dalam Instalasi mikrotik dengan  virtual box ke winbox  kelas XII TKJ SMKN 1 BATANG ONANG.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing – masing siklus dilakukan dengan empat tahapan, yaitu : (1) tindakan perencanaan; (2) tindakan pelaksanaan; (3) tindakan observasi; dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII TKJ  di SMKN 1 BATANG ONANG sebanyak 25 siswa. . Hasil penelitian, menunjukkan Virtualbox adalah perangkat lunak virtualisasi untuk menginstal sistem operasi “Operating System”. Kata virtuallilsasi yaitu mengubah atau mengkonversi sesuatu menjadi bentuk simulasi dari bentuk real atau nyata. Misalnya, jika seseorang telah menginstal sistem operasi  Windows di komputer mereka, orang ini juga dapat menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan dalam sistem operasi Windows. Bagi Anda yang ingin mencoba berlatih menginstal sistem operasi, Anda tidak perlu menginstal ulang PC / laptop Anda. Anda hanya memerlukan perangkat lunak Virtualbox ini untuk mencoba atau belajar menginstal sistem operasi. MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fauzi, Rahmad, Ahmad Zainy, Ilham Sahdi Lubis, Ahmad Bay Haqi, Anggi Zumaidil Akhir, Binsar Kumana, Nurtiani Simamora, dan Rini Juliana. “INSTALASI MIKROTIK PADA VIRTUALBOX DAN PENGKONEKSIAN ANTARA MIKROTIKDI VIRTUALBOX DENGAN WINBOX DI SMK S TERUNA PADANG SIDEMPUAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 106–118. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1381.
Bagian
adam

Referensi

Ardhitya, Arse Irawhan. 2007. “Pengertian Dan Penjelasan Mikrotik Arse Irawhan Ardhitya.” Hasibuan, Awal. 2018. “AWAL HASIBUAN, S.Kom5/15/2018 1 Komentar.”

New, Klik, Pada Controller, Routeros Mikrotik, and D. V. D. Drive. n.d. “Install Mikrotik Di Virtualbox.”

Tengker, Victor. 2013. “Penggunaan Oracle Vm Virtualbox.”

Winbox, Pengertian. 2020. “Pengertian Winbox MikroTik, Fungsi Serta Kegunaannya - Manglada Tech.”

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama