PELATIHAN PEMBERDAYAAN MANDIRI SEKOLAH TANGGAP COVID – 19 PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KOTA PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Jalilah Azizah Lubis
Fitri Agustina Lubis
Mutiara Lubis
Irman Puansah

Abstrak

Pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan dengan melakukan Pelatihan pemberdayaan mandiri sekolah tanggap Covid – 19 pada   Guru-guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan. Hasil luaran yang akan dicapai adalah publikasi media pada media metro Tabagsel dan publikasi ilmiah pada jurnal Martabe UM-Tapsel. Dalam pelaksanaan kegiatan diharapkan Mitra dapat menanggulangi usaha pencegahan wabah covid 19 masa ini sekolah perlu diberi keterampilan membuat sarana protokol kesehatan sederhana (Handsanitizer dan masker sederhana) dan bermanfaat untuk sekolah dan para siswa di lingkungannya masing – masing. Mitra diberikan pengetahuan dan fasilitas kegiatan untuk mengolah bahan sederhana sebagai desinfektan dan pembersih ruangan di lingkungan sekitar mitra. Kegiatan ini direncanakan dengan tahapan berupa : Persiapan alat dan bahan yang akan digunakan pada tahap pelatihan dan juga materi yang akan dijelaskan kepada peserta pelatihan, pelaksanaan pelatihan dilaksanakan dengan praktek pembuatan desinfektan dan handsinitizer secara langsung. Tahapan pelaksanaan program dilakukan dengan beberapa tahap, yaiu : (1) Survey lokasi, (2) Menghubungi mitra (3) Penyuluhan (4) Pelatihan (5) Praktik aplikasi pestisida alami. Metode Pelaksanaan yang digunakan adalah metode eksperimental dan pendampingan.Pembinaan mitra dengan melanjutkan program berupa pelatihan dengan praktek langsung dan pengembangan tindak lanjut kegiatan  yang telah dikembangkan, pendampingan dengan mengarahkan mitra membentuk sutau kelompok cinta lingkungan yang menjadikan lingkungan mandiri sekolah tanggap covid. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lubis, Jalilah Azizah, Fitri Agustina Lubis, Mutiara Lubis, dan Irman Puansah. “PELATIHAN PEMBERDAYAAN MANDIRI SEKOLAH TANGGAP COVID – 19 PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KOTA PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 240–246. Diakses Mei 28, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1399.
Bagian
adam

Referensi

Apriliany, V. F. E. F., & Recta Oliva Umboro. (2021). Penyuluhan Gema Cermat Obat dan Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer. Jurnal Abdidas, 2(1), 41–47.

Ariyani, S. B., & Hidayati, H. (2018). Penambahan Gel Lidah Buaya Sebagai Antibakteri Pada Sabun Mandi Cair Berbahan Dasar Minyak Kelapa. Jurnal Industri Hasil Perkebunan, 13(1), 11.https://doi.org/10.33104/jihp.v13i1.3675

Listari Nening, dkk. 2020. Pembuatan Hand Sanitizer Alami di tengah Upaya Mengatasi Kelangkaan pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Bhakti Kencana Mataram. Jurnal Lumbung Inovasi: Vol 5, No 2.

Nikmah Aflahatun, dkk. 2021.Pembuatan Hand Sanitizer Alami Berbahan Daun Sirih Dan Jeruk Nipis Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda Surabaya Sebagai Anti Bakteri Di Masa Pandemi Covid-19, Community Development Jurnal, Vol 2, No 3.

Slamet, T.I. et al. (2020). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru melaluiPelatihan Konten Digital Pembelajaran Berbasis Sumber Terbuka (OpenSources). Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 118-130.

Target (Def. 1) (n.d). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Online). Diakses darihttps://kbbi.web.id/target.

I. Yildirim, “The effects of gamification-based teaching practices on student achievement and students' attitudes toward lesson,” The Internet and Higher Education, vol. 33, pp. 86 -92, 2017.