VISUALISASI KISAH ANUSAPATI DALAM PEMENTASAN DRAMA BERJUDUL TIRTA AMERTHA SEBAGAI PELESTARIAN NILAI LUHUR BUDAYA DENGAN KAJIAN MEMORY CULTURE

Isi Artikel Utama

Esa Kharisma Muhammad
Desy Proklawati
Dwi Pangestutik

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan kisah  Anusapati berdasarkan sastra lisan yang berkembang di masyarakat, khususnya di wilayah malang raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan memory culture (budaya ingatan). Penelitian ini disuguhkan melalui visualisasi pementasan drama di Museum Singhasari. Keseluruhan pembahasan mengenai kisah Anusapati dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dalam mengembangkan dan melestarikan kisah-kisah dari tokoh bersejarah yang lain.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Muhammad, Esa Kharisma, Desy Proklawati, dan Dwi Pangestutik. “VISUALISASI KISAH ANUSAPATI DALAM PEMENTASAN DRAMA BERJUDUL TIRTA AMERTHA SEBAGAI PELESTARIAN NILAI LUHUR BUDAYA DENGAN KAJIAN MEMORY CULTURE”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Agustus 6, 2023): 256–267. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1426.
Bagian
adam

Referensi

Adha, Sheyhan P. 2021. “Perancangan Informasi Kitab Pararaton Melalui Media Card Game.” NBER Working Paper Series 58(58):99–104.

Agustina, Ayu, Nurhayati Nurhayati, Didi Suhendi, and Machdalena Vianty. 2022. “Keefektifan Media Pembelajaran Pementasan Drama Berbasis Syair Perang Menteng Menggunakan Macromedia Flash (Effectiveness of Learning Media for Drama Performances Based on Syair Perang Menteng Using Macromedia Flash).” Indonesian Language Education and Literature 8(1):86. doi: 10.24235/ileal.v8i1.11455.

Effendhie, Drs Machmoed. 2019. “Arsip, Memori, Dan Warisan Budaya.” Publikasi Dan Pamera Arsip Edisi 2 1–59.

Eril, Astrid, Dkk. 2006. Cultural Memories Studies: An International and Interdicipliner Handbook. Berlin: Walter de Gruyter.

Hambandima, Erny Selfina Nggala. 2021. “Pengembangan Sebuah Pengajaran Responsif Budaya (Crt) Pada Kelas Drama (Sebuah Kolaborasi Mahasiwa Dalam Pementasan Drama Cerita Lokal).” Perspektif Ilmu Pendidikan 35(2):160–66. doi: 10.21009/pip.352.8.

Ida Bagus Manuaba. 2014. “Eksotisme Sastra: Eksistensi Dan Fungsi Sastra Dalam Pembangunan Karakter Dan Perubahan Sosial.” ADLN - Perpustakaan Universitas Airlangga 8(14):5.

Jindan, R. /geter. v4n2. p7. 77. 2022. “PERAN EDUKASI DALAM PEMENTASAN DRAMA KOLOSAL KARYA KOMUNITAS ROODE BRUG. GETER.” Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik 4 (2):70–77. doi: https://doi.org/10.26740/geter.v4n2.p70-77.

Saryono, Djoko. 2018. “Hermeneutika Sebagai Piranti Analisis Dimensi Nilai Budaya (Dari) Karya Sastra.” 230–52.

Srikandi, Cut Novita. 2019. “KONSTRUKSI INGATAN BUDAYA DAN IDENTITAS PAHLAWAN NASIONAL DALAM KARYA SASTRA SEBAGAI BUDAYA MATERIAL (The Construction of Cultural Memory and Identity of National Heroes in Literary Works as Material Culture).” Sirok Bastra 7(2):207–15. doi: 10.37671/sb.v7i2.184.

Sulistyorini, 2019. "PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA PENGAJARAN ENGLISH DRAMA APPRECIATION DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMENTASAN DRAMA BERBAHASA INGGRIS". Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya. Vol. 16.

Wattimena, Reza A. .. 2016. “Mengurai Ingatan Kolektif Bersama Maurice Halbwachs, Jan Assmann Dan Aleida Assmann Dalam Konteks Peristiwa 65 Di Indonesia.” Studia Philosophica et Theologica 16(2):164–96.