MANAJEMEN BANK SAMPAH DI YAYASAN LANGIT INDONESIA CEMERLANG SAWANGAN DEPOK

Isi Artikel Utama

Jamaluddin Jamaluddin
Aria Aji Priyanto
Noryani Noryani

Abstrak

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar Yayasan Langit Indonesia Cemerlang, Sawangan Depok untuk lebih perduli terhadap lingkungan sekitar.  Metode yang digunakan ada beberapa tahap diantaranya tahap persiapan, yang meliputi survei awal, pemantapan dan penentuan lokasi dan sasaran. Setelah survei maka ditentukan lokasi pelaksanaan dan sasaran peserta kegiatan. Tahap berikutnya yaitu tahap pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tahap ini akan diberikan pelatihan kepada masyarakat akan pentingnya Manajemen Bank Sampah. Pelatihan, dengan beberapa metode diantaranya ceramah, tanya jawab dan simulasi.  Hasil dari kegiatan ini adalah membuat masyarakat sadar dan perduli terhadap lingkungan sekitar, minimal lingkungan terdekat mereka. Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini disasarkan kepada warga daerah perumahan padat penduduk yang sebelumnya kurang perduli terhadap lingkungan, sehingga diharapkan melalui program yang dibentuk ini, ketidakperdulian terhadap lingkungan akan berkurang. Penanganan sampah terutama sampah rumah tangga perlu di antisipasi sedini mungkin, karena akan mempengaruhi kondisi lingkungan di masa yang akan datang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jamaluddin, Jamaluddin, Aria Aji Priyanto, dan Noryani Noryani. “MANAJEMEN BANK SAMPAH DI YAYASAN LANGIT INDONESIA CEMERLANG SAWANGAN DEPOK”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Agustus 6, 2023): 268–273. Diakses Mei 13, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1535.
Bagian
adam

Referensi

Am Irfanudin, E Kurniawati, Jamaluddin, R Andalusi, Noryani. (2020). Strategi Berbisnis Online Ditengah Pandemi Corona Virus Disease 2019

Covid-19. Dedikasi Pkm, Vol.1(2)

Anggraini Jehan. 2013. Dampak Bank sampah terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Depok. UIN Jakarta

Azwar Azrul. 1986. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya

Eghi Prasetyo Muhamad, Diah Rosita Yesy, Ristono Joko .2018. PENGEMBANGAN WEBSITE PENGELOLAAN MANAJEMEN BANK SAMPAH DI BANK SAMPAH ROSELLA KOTA MOJOKERTO (Website Development Of Waste Bank Management Management In Rosella Waste Banks, Mojokerto City) . Program Studi Teknik Informatika, Universitas Islam Majapahit.

Nitikesari, Putu Ening. 2005. Analisis Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Penanganan Sampah Secara Mandiri di Kota Denpasar. Tesis Magister Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Sutopo, Heribetus. 1988. Pengantar Penelitian Kualitatif Dasar Teorotis dan Praktis.Surakarta: Pusat Penelitian UNS. Sutoyo, Bagong. 2013. Fenomena gerakan mengolah sampah. Jakarta: Pusat Komunikasi publik kementrian pekerjaan umum.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang, Jakarta: Salemba Empat.

Tim Penulis PS. 2008. Penanganan pengolahan sampah. Jakarta: Penebar Swadaya.

Undang-Undang No.23 Tahun.1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/apa-itu-bank-sampah-dan-apa-manfaatnya-59

https://banksampah.id/

https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/undang-undang-nomor-18-tahun-2008-tentang-pengelolaan-sampah.pdf

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135305/perda-kota-depok-no-5-tahun-2019

https://www.medcom.id/ekonomi/sustainability/Wb74QW2k-bank-sampah-solusi-lingkungan-bersih-dan-menguntungkan