PENGUATAN LITERASI KEUANGAN BAGI GURU DI KABUPATEN TEMANGGUNG DAN WONOSOBO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan bagi guru agar dapat mengelola keuangan yang efektif. Melalui pelatihan, bimbingan, dan penyediaan sumber daya literasi keuangan, pengabdian ini berupaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam bidang keuangan. Indikator keberhasilan, seperti peningkatan pengetahuan dan pemahaman, penggunaan strategi pengajaran yang efektif, perubahan perilaku keuangan guru, dan penerapan literasi keuangan. Dalam pelaksanaannya, pelatihan dan peningkatan keterampilan diberikan kepada guru melalui workshop dan sesi interaktif. Seminar turut membantu guru mengatasi tantangan dan pertanyaan terkait pengelolaan keuangan pribadi dan pendidikan keuangan. Selain itu, sumber daya literasi keuangan yang relevan dan mudah diakses disediakan agar guru dapat memperkaya pembelajaran. Melalui kolaborasi dengan lembaga keuangan dan pakar keuangan, pengabdian ini mampu memberikan pemahaman yang mendalam tentang produk keuangan dan praktik terbaik dalam pengelolaan keuangan.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Busyro, W., Septianingsih, R., Nawas, A., & Wahdi elsye, Mario. (2018). Literasi Keuangan Syariah bagi Guru dan Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(1). https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.576
Farwitawati, R. (2019). Literasi Keuangan Syariah Dikalangan Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perpajakan Riau. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1). https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.345
Herawan, E., Komarudin, K., & ... (2021). Peningkatan Literasi Keuangan Guru Melalui Pemanfaatan Fintech di era Digital. Widyabhakti …, 3(3).
Hidayah, A. P. N., Purbawangsa, I. B. A., & Abundanti, N. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan dan Pendapatan terhadap Kesejahteraan Keuangan Guru Perempuan di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(7). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i07.p03
Kardoyo, K., Hadi, S., & Nurkhin, A. (2018). Program Peningkatan Literasi Keuangan Syariah bagi Guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ) di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2). https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10335
Kusumaningtyas, I., Hakim, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Investasi Guru Ekonomi SMA/MA Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2). https://doi.org/10.26740/jepk.v10n2.p141-154
Yulianto, A., & Wijaya, A. P. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan Melalui Metode Stimulus-Respon. Journal of Community Empowerment, 2(2). https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.59615