PENGEMBANGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP SERANGAN HAMA PENGGEREK PADA TANAMAN MANGGA (Mangifera indica L). DI DESA AEK TUHUL KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN BATUNADUA

Isi Artikel Utama

Siti Hardianti Wahyuni
Meiliana Friska
Jumaria Nasution
Surya Handayani
Erin Alawiyah Siregar
Parmanoan Harahap
Yusriani Nasution
Doharni Pane
Darmadi Erwin Harahap
Basitu Rahmat Harahap

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan hama penggerek cabang dan batang, insidensi serangan yang berupa data jumlah dan panjang gerekan serta untuk mengetahui ciri-ciri gejala serangan yang ditimbulkan oleh  hama penggerek cabang dan batang tanaman mangga di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Pengabdian ini dilaksanakan di dua desa di kecamatan Padangsidimpuan Batunadua yaitu desa Pudun Julu dan Aek Tuhul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan sifat deskriptif dengan tehnik pengumpulan data secara observasi dan dokumentasi. Tehnik sampling yang digunakan dalam penentuan sampel tanaman dilakukan secara Purposive Sampling yaitu pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Pada tiap desa, ditentukan 20 sampel tanaman secara acak dengan demikian total tanaman mangga yang diamati sebanyak 40 tanaman. Parameter yang diamati adalah keberadaan hama penggerek cabang dan batang tanaman mangga, insidensi serangan dan gejala serangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan hama penggerek cabang dan batang tanaman mangga yang tertinggi adalah desa Aek Tuhul , sebanyak 15 (75%) terserang dan 5 (25%) tanaman mangga tidak terserang dan terendah adalah desa Pudun Julu  dengan tanaman mangga yang tidak terserang  13 (65%) dan hanya 7 (35%) terserang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wahyuni, Siti Hardianti, Meiliana Friska, Jumaria Nasution, Surya Handayani, Erin Alawiyah Siregar, Parmanoan Harahap, Yusriani Nasution, Doharni Pane, Darmadi Erwin Harahap, dan Basitu Rahmat Harahap. “PENGEMBANGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP SERANGAN HAMA PENGGEREK PADA TANAMAN MANGGA (Mangifera Indica L). DI DESA AEK TUHUL KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN BATUNADUA”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Agustus 6, 2023): 318–324. Diakses Mei 13, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1592.
Bagian
adam

Referensi

Alfizar, A. Yahya, M. I. A. Bakar, Hasanuddin, A. Rusdi, M. N. Ibrohim. M, Salikin, dan I, Murni. 1997. Teknologi Pengendalian Hama Penggerek Tanaman Mangga di Kabupaten Aceh Besar. 8 hal.

Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Pertanian. Kementerian Pertanian. Jakarta. Hal, 99:95.

Balitbu. 2008. Pengendalian Hama Penggerek Batang Mangga. Balai Penelitian Tanaman Buah. Solok. Sumatera Barat.

Borror, D. J, Triplehorn, C. A and Johnson, N. F. 1992. Pengenalan Pelajaran Serangga. Penerjemah dan Penyunting Soetiyono Partosoedjono. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. 1083 hlm.

Hafsah, S. Jauharlina dan T. Chamzurni. 2010. Eksplorasi dan Karakterisasi Varietas Mangga Tahan Hama Penggerek Batang di Nanggroe Aceh Darussalam. Agrista, 14(2):68-73.

Kementrian Pertanian Direkturat Jendral Hortikultura. 2017. Statistik Produksi Hortikultura. Pdf.

Statistik Pertanian. 2018. Produksi Mangga Menurut Provinsi. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian. 172 hal

Sudarsono, H. 2015. Pengantar Pengendalian Hama Tanaman. Plantaxia. Yogyakarta. 149 hlm

Walalangi, M. Max, Tulung. James, B. K. Caroulus, S. Rante. 2014. Serangan Hama Penggerek Cabang Mangga (Rhytidodera sp.) (Coleoptera: Carambycidae) di Kelurahan Manembo-Nembo Kota Bitung. Manado: COCOS. 8 hlm.