DIGITALISASI DAN PENINGKATAN KAPASITAS MITRA UMKM KOMUNITAS PASAR RAKYAT INDONESIA

Isi Artikel Utama

Muhammad Rizki Yusro
Anton Minardi
Ridho Dawam Mulkillah
Ikhlasul Putra Amal

Abstrak

Setelah pandemi Covid-19 berlalu, sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tetap menjadi bagian yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara. Oleh karena itu, perhatian khusus tetap perlu diberikan kepada pelaku UMKM agar mereka dapat berkembang melalui pendampingan dan pembinaan. Komunitas Pasar Rakyat Indonesia, sebagai komunitas yang fokus pada pengembangan, pemasaran, dan branding produk dan jasa buatan dalam negeri, tetap melakukan berbagai kegiatan untuk mendukung pariwisata nasional. Namun, pasca pandemi Covid-19, pelaku UMKM dan Komunitas Pasar Rakyat Indonesia menghadapi tantangan baru dalam mengadaptasi kebiasaan baru (new normal) dan memanfaatkan teknologi secara efektif dalam memasarkan produk dan jasa. Oleh karena itu, pendampingan dan pembinaan yang dilakukan oleh Komunitas Pasar Rakyat Indonesia perlu disesuaikan dengan kondisi pasca pandemi. Dalam upaya membantu pelaku UMKM dan Komunitas Pasar Rakyat Indonesia mengatasi tantangan pasca pandemi, perlu dilakukan terobosan-terobosan seperti memberikan pelatihan mengenai teknologi dan strategi pemasaran yang efektif di era pasca pandemi serta membangun jejaring bisnis dan kerja yang dapat

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yusro, Muhammad Rizki, Anton Minardi, Ridho Dawam Mulkillah, dan Ikhlasul Putra Amal. “DIGITALISASI DAN PENINGKATAN KAPASITAS MITRA UMKM KOMUNITAS PASAR RAKYAT INDONESIA”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Agustus 7, 2023): 391–396. Diakses Mei 13, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1625.
Bagian
adam

Referensi

Baumassepe, Andi Nur. 2018. “SINERGI DEMI INKUBATOR BISNIS.” 2018. https://www.researchgate.net/publication/326648193_SINERGI_DEMI_INKUBATOR_BISNIS.

BKPM. 2020. “Upaya Pemerintah Memajukan UMKM Indonesia.” BPKM. 2020. https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia.

Kemenkopukm RI. 2022. “Data UMKM Indonesia.” 2022. https://www.kemenkopukm.go.id/data-umkm .

Soba, H.S., S. Hasbullah, and N. Nuryartono. 2018. “Strategi Pengembangan Inkubator Bisnis Sebagai Lembaga Pendampingan Perusahaan Pemula: Studi Kasus Inkubator Bisnis IPB.” Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 96–105. https://doi.org/10.17358/jabm.4.1.96.