MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP PENTINGNYA FLORA DAN FAUNA DI WILAYAH KERJA SPTN 1 TAMAN NASIONAL BUKIT BAKA BUKIT RAYA

Isi Artikel Utama

Slamet Rifanjani
Herlina Darwati
Marwanto Marwanto

Abstrak

Perlindungan flora dan fauna yang masih ada di luar dan/atau dalam kawasan hutan adalah sesuatu keharusan agar tetap lestari. Pemberian status kawasan hutan menjadi taman nasional juga memberikan andil dalam kegiatan pelastarian flora dan fauna di dalamnya. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya bekerja sama dengan fakultas kehutanan universitas tanjungpura berkomitmen dalam memberikan peran aktif berkegiatan yang mampu mengedukasi masyarakat secara luas akan pentingnya keberadaan flora dan fauna. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan materi pentingnya keberadaan flora dan fauna di sekitar penduduk melalui siswa sekolah dasar yang berdampingan dengan TNBBBR. Materi yang disampaikan adalah flora dan fauna yang dapat ditemukan di TNBBBR dengan metode penyampaian visual dan lisan yang interaktif. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa siswa mengetahui dan pernah melihat secara langsung flora dan fauna yang di tampilkan. Namun, hasil diskusi yang dilakukan menunjukkan bahwa beberapa siswa belum mengetahui bahwa flora dan fauna tersebut dilindungi dan wajib untuk dijaga kelestariannya. Kegiatan PKM ini telah memberikan informasi akan pentingnya menjaga flora dan fauna yang ada, dan menjadi wadah edukasi peduli flora dan fauna kepada masyarakat sekitar TNBBBR.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rifanjani, Slamet, Herlina Darwati, dan Marwanto Marwanto. “MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP PENTINGNYA FLORA DAN FAUNA DI WILAYAH KERJA SPTN 1 TAMAN NASIONAL BUKIT BAKA BUKIT RAYA”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Februari 8, 2024): 16–24. Diakses Februari 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1707.
Bagian
adam

Referensi

Asyrofi, M., Hikamah, S. R., & Hasbiyati, H. (2018). Pengembangan Media E-Book Dengan Aplikasi Flip Creator Berbasis Pendidikan Konservasi Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Bioshell, 7(1): 410-415.

Gaveau, D. L., Locatelli, B., Salim, M. A., Yaen, H., Pacheco, P., & Sheil, D. (2019). Rise and fall of forest loss and industrial plantations in Borneo (2000–2017). Conservation Letters, 12 (3): 1–8.

Kartijono, N. E., Rahayuningsih, M., & Abdullah, M. (2019). Pendidikan Konservasi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 16(2), 187-192.

KLHK. (2022). Status Lingkungan Hidup Indonesia 2022. Jakarta (ID): Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia

Majid, I., Al Muhdar, M. H. I., Rohman, F., & Syamsuri, I. (2016). Konservasi hutan mangrove di pesisir pantai Kota Ternate terintegrasi dengan kurikulum sekolah. Jurnal bioedukasi, 4(2): 488-496.

Nurda, N., Noguchi, R., & Ahamed, T. (2020). Change detection and land suitability analysis for extension of potential forest areas in Indonesia using satellite remote sensing and GIS. Forests, 11 (4): 1–22.

Purmadi, R. M., Santika, D. M. J., & Wulandari, A. S. (2020). Pentingnya pendidikan konservasi untuk menjaga lingkungan hidup (studi kasus di Desa Cidahu, Kabupaten Kuningan). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(4), 602-606.

Randi, A., Hikmat, A., & HeATUbUN, C. D. (2019). Pinanga schwanerensis, a new species of Pinanga (Arecaceae) from Kalimantan, Indonesia. Phytotaxa 402 (2): 121–125

Rohyani, I. S., Jupri, A., & Ahyadi, H. (2022). Pendidikan Konservasi Sebagai Upaya Menumbuhkan Keperdulian Lingkungan Siswa Menegah Atas Di Kota Mataram. Jurnal Pepadu, 3(1), 133-138.

Sari, T. A., & Soenarno, S. M. (2018, November). Pendidikan dan Pelatihan Konservasi Alam Bagi Siswa dan Guru SD Melalui Metode Learning By Game. In Proceeding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. ISBN 978-602-97298-6-3

Saroyo, S., Siahaan, P., Langoy, M., & Koneri, R. (2019). Pendidikan Konservasi Satwa Endemik Sulawesi bagi Siswa Sekolah Dasar di Kelurahan Batuputih Bawah, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung, Sulawesi Utara. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, (3), 26-31.

Suherman, S., Giyanti, S., & Anggraeni, S. P. K. (2019). Mural di Lingkungan Sekolah dalam Konteks Pendidikan Konservasi. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2): 192-203

TNBBBR. (2018). Buku Database Keanekaragaman Hayati Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Sintang (ID): Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.