PELATIHAN INOVASI BANK SAMPAH PLASTIK UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT DI BANK SAMPAH PUAN SARI MANDIRI

Isi Artikel Utama

Nurmasari Nurmasari
Eka Komalasari
Budi Mulianto
Nurman Nurman
Muhammad Faisal Amrillah

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan di Bank Sampah Puan Sari Mandiri merupakan salah satu Bank Sampah yang ada di Kota Pekanbaru, mulai berdiri pada bulan april tahun 2021 yang beralamat di Jalan Mekar Sari No.48 RT.03. RW.05 Kelurahan Tangkerang Selatan Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru yang ketuai oleh ibu Hj Herlinawati, S.Pd.,MM sebagai koordinator dan tiga orang anggota dan telah memiliki 40 nasabah dengan omset sebulan lebih kurang satu jutaan , aktivitas mengumpulkan sampah dan menimbang sampah ini dilakukan seminggu sekali yaitu setiap hari rabu dimulai pada jam 16.00 wib s/d jam 18.00 wib. Bank Sampah Puan Sari Mandiri ini merupakan mitra kerjasama dalam pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah disepakati sejak tahun 2022. PKM pada tahun 2023 ini dilakukan untuk mengidentifikasi apa yang menjadi permasalahan serta dapat memberikan solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan Sampah Plastik. Pengabdian  ini diberi tema  Pelatihan Inovasi Bank Sampah Plastik untuk Peningkatan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Di Bank Sampah Puan Sari Mandiri . Adapun hasil dari kegiatan PKM ini yaitu pihak mitra belum ada usaha untuk pengolahan sampah plastik karena pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang pengolahan sampah plastik masih kurang. Maka dari itu kegiatan pengabdian ini memberikan pelatihan inovasi dalam  mengolah sampah plastik menjadi barang yang bernilai ekonomi sehingga mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurmasari, Nurmasari, Eka Komalasari, Budi Mulianto, Nurman Nurman, dan Muhammad Faisal Amrillah. “PELATIHAN INOVASI BANK SAMPAH PLASTIK UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT DI BANK SAMPAH PUAN SARI MANDIRI”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Februari 8, 2024): 35–40. Diakses Juni 18, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1714.
Bagian
adam

Referensi

Karuniastuti, N. (2013). Bahaya plastik terhadap kesehatan dan lingkungan. Swara Patra:Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 3(1).

Syaiful, F. L., & Hayati, I. (2021). Inovasi Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Produk Dan Jasa Kreatif Di Kenagarian Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Hilirisasi Ipteks,4(4), 233-240

KBBI. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apriyani, A., Putri, M. M., & Wibowo, S. Y. (2020). Pemanfaatan sampah plastik menjadi ecobrick. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(1), 48-50

Paeno, P., Kasmad, K., Sunarsi, D., Maddinsyah, A., & Supiyan, D. (2020). Pemanfaatan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Rumah Tangga Taman Belajar Kreatif Mekar Sari. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 57-61.

Putra, H. P dan Yebi, Y. (2010). Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol. 2 No. 1

Eka Komalasari, Nurmasari, Muhammad Faisal Amrillah, H. A. (2023). Peningkatan usaha ibu kreatif gerai kembang setaman sebagai usaha perempuan di kelurahan tirta siak kecamatan payung sekaki kota pekanbaru. Jurnal Adam, 2(1), 7–12.

Sucipto, Cecep Dani. (2012). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Goyse.

Hasnam, Linda Fitrina, Rizal Syarief, dan Ahmad Mukhlis Yusuf, 2017, Strategi pengembangan bank sampah di wilayah Depok. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), Vol. 3 No.3.

Mardhia, D. & Wartiningsih, A. (2018). Pelatihan Pengolahan Sampah Skala Rumah Tangga di Desa Penyaring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 88-96. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/ JPPM/article/view/492.

Purwanto. (2019). Pengelolaan "Bank Sampah" Berbasis Masyarakat Sebagai Alternatif Meningkatkan Ekonomi Warga RT 004/RW 009, Cikarang Utara Bekasi. Academics in Action Journal, 1(1) 27-37.

Suharto, E (2010). Analisis Kebijakan Public. Bandung: CV. Alfabeta