PELATIHAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DAN AKUN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU MTS AL AMIN MALANG

Isi Artikel Utama

Tri Asih Wahyu H
Susilo Bekti
Purwaning Budi Lestari
Nurcholis Istiawan
Rina Nurfitri

Abstrak

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para guru di MTs Al-Amin dalam memanfaatkan platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Al-Amin. Subjek dalam pelatihan ini adalah seluruh guru di MTs Al-Amin Malang yang berjumlah 12 orang sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar. Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 4 hari dengan durasi 8 jam setiap harinya. Pelatihan dilaksanakan pada hari Senin sampai dengan Kamis, 19-22 Juni 2023. Berdasarkan hasil pelatihan dapat diketahui bahwa para guru di MTs Al-Amin mendapatkan pengetahuan dan dapat meningkatkan kemampuannya mengakses dan mengeksplorasi platform merdeka mengajar dalam implementasi kurikulum merdeka.Hal ini sangat membantu para guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di MTs Al-Amin.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wahyu H, Tri Asih, Susilo Bekti, Purwaning Budi Lestari, Nurcholis Istiawan, dan Rina Nurfitri. “PELATIHAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DAN AKUN PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU MTS AL AMIN MALANG”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Februari 8, 2024): 94–100. Diakses Februari 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1769.
Bagian
adam

Referensi

Arnes, Amelia, dkk. 2023. Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untukAkselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 5 No 1 Bulan Februari Tahun 2023 hal 60-70. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647

Anonymous, 2020. Panduan Pengabdian Mandiri Tematik Covid-19.Universitas Syah Kuala. Banda Aceh.

LPPM Unesa,2020.Pedoman Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat Penugasan Kebijakan Strategis Universitas dan Kebijakan Fakultas untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Dana PNBP Tahun 2020. Universitas Negeri Surabaya.

Muchlis, N. (2022). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kompetensi Guru di Sulawesi Tenggara. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, Query date: 2022- 12-22 22:52:56. http://snastep.um.ac.id/pub/index.php/proceeding/article/view/29

Nailyl Maghfiroh dan Muhammad Sholeh. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Disrupsi dan Era Society 5.0.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9, no. 5 (2022): 1196.

Pangestuti, A. A. dan Prasmala, R. P. 2018. Pemberdayaan Keterampilann Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif melalui Digital Daily Assessment. Prosiding. Semdikjar 2. 2018. UN PGRI Kediri: 72 – 77

P2M IKIP Budi Utomo Malang, 2018. Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Penelitan dan Pengabdian Masyarakat (P2M) IKIP Budi Utomo Malang.

Ramdani, Muhammad, dkk. 2022. Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) padaGuru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR), Vol. 2, No. 6, Desember 2022. DOI: https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201

Restu Rahayu, Rita Rosita, Yuyu, Rahayuningsih, Asep Herry Hermawan, Prihantin. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Basicedu 6, no. 4 (2022): 6319

Rohimat, S., Sanusi, S., & ... (2022). Diseminasi Platform Merdeka Mengajar untuk Guru SMA Negeri 6 Kota Serang. Abdikarya: Jurnal …, Query date: 2022-12-30 05:05:53. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2035