PENYULUHAN PEMASARAN SEBAGAI LANDASAN KARAKTER PEMIMPIN DENGAN MATERI KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM STRATEGI PEMASARAN PADA KELOMPOK PKK KELURAHAN PONDOK CABE ILIR, KECAMATAN PAMULANG, TANGERANG SELATAN, BANTEN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Pondok Cabe Ilir, Tangerang Selatan, Banten, difokuskan pada penyuluhan pemasaran untuk membentuk karakter pemimpin tangguh dan kreatif di kelompok PKK setempat. Materi mencakup konsep pemasaran, teknik inovatif, dan strategi pemasaran dalam konteks komunitas. Penyuluhan dilakukan melalui sesi interaktif dan studi kasus, memberikan wawasan praktis kepada anggota PKK. Peserta diharapkan mengaplikasikan konsep pemasaran dalam promosi produk lokal, sementara kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan keterampilan kepemimpinan untuk mendorong perkembangan ekonomi dan keberlanjutan komunitas. Keseluruhannya, kegiatan penyuluhan ini mendukung pengembangan karakter pemimpin yang kreatif dan inovatif, dengan dampak positif bagi masyarakat Kelurahan Pondok Cabe Ilir.
Kata kunci: Penyuluhan, Strategi Pemasaran, Kreatif dan Inovasi
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Tugas dan Fungsi PKK. (2019). Retrieved from TP-PKK Kabupaten Trenggalek: https://pkk.trenggalekkab.go.id/home/page_menu_nav?page=menu&hal=MTc%3Dc3V0aXNuYQ%3D%3Debc18db2a0b4bf117e7c5015c123ce22
Kusuma, A. P., & dkk. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Supriyadi. (2021, Februari 11). Pengertian, Tugas dan Fungsi PKK. Retrieved from Desa Tanjungmeru: https://tanjungmeru.kec-kutowinangun.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/165/190#:~:text=PKK%20(Pemberdayaan%20Kesejahteraan%20Keluarga),yang%20memiliki%20berbagai%20kegiatan%20postif.
Drucker, P. F. (1996). Inovasi dan Kewiraswastaan yang diterjemahkan oleh Rusjdi. Jakarta: Erlangga.
Zimmerer, T. W. (2005). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P. (2017). Marketing Manajement. Inc: Pearson Pretice Hall.
Susanto, A., & Wijanarko, H. (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: PT Mizan Publika Jakarta.
Anholt, S. (2003). Brand New Justice. The Upside Of Global Branding. London: Butterworth- Heinemann.
Crainer, S., & Dearlove, D. (2003). The Ultimate Book of Business Brands : Insights. United Kingdom: Capstone.
Kotler, P., & waldemar, p. (2008). B2B Brand Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Keller, K. (2013). Strategic Brand Management. Harlow: Pearson Education Limited.
D. Apriadi, R. (2020, May 26). Marketing Craft. Retrieved from Seberapa Efektif Jingle Iklan dalam Meningkatkan Awareness Masyarakat?: https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/seberapa-efektif-jingle-iklan-dalam-meningkatkan-awareness-masyarakat