PELATIHAN PENGOLAHAN MINUMAN HERBAL UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT DI DAERAH DINGIN SD NEGERI 100807 AEK SABAON KECAMATAN MARANCAR KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Isi Artikel Utama

Perima Simbolon
Seri Irawati
Rizky Amelia Dona Siregar

Abstrak

Kesehatan adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak memperdulikan kesehatannya sendiri. Salah satu penyebabnya adalah pola minum yang tidak sehat dan gaya hidup yang salah. Minuman tidak sehat adalah minuman yang mengadung kadar gula tinggi, kafein, pemanis buatan, minuman beralkohol, minuman berenergi (kuku bima) dan minuman bersoda. Minuman yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai gangguan atau penyakit pada tubuh, seperti penyakit jantung, hati dan penyakit degeneratif (hipertensi). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan pengolahan minuman herbal untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah dingin Desa Aek Sabaon Kecamatan MarancarKabupaten Tapanuli Selatan. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023. Kegiatan dilakukan dengan cara ceramah dan demonstrasi pengolahan minuman herbal. Tahapan kegiatan yang dilakukan meliputi persiapan, pelaksanaan dan penutupan. Tahap persiapan yaitu tahap observasi lokasi, persiapan alat dan bahan pembuatan minuman herbal. Tahap pelaksanaan, Ceramah tentang minuman herbal dan mafaatnya serta demonstrasi tentang proses pengolahan minuman herbal. Penutupan, menyimpulkan kegiatan yang sudah dilaksanakan. Berdasarkan kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan penutupan yang telah dilakukan, kesimpulannya pengabdian masyarakat tentang pelatihan pengolahan minuman herbal untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah dingin Desa Aek Sabaon Kecamatan MarancarKabupaten Tapanuli Selatan telah terselenggara dengan baik dan pesertanya atusias dan aktif.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Simbolon, Perima, Seri Irawati, dan Rizky Amelia Dona Siregar. “PELATIHAN PENGOLAHAN MINUMAN HERBAL UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT DI DAERAH DINGIN SD NEGERI 100807 AEK SABAON KECAMATAN MARANCAR KABUPATEN TAPANULI SELATAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Februari 8, 2024): 237–241. Diakses Februari 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1800.
Bagian
adam

Referensi

Ariska, S.B. & Utomo, D. (2020). Kualitas minuman serbuk instan sereh (Cymbopogon citratus) dengan metode foam mat drying. Teknologi Pangan: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian

Rehman, R., Akram, M., Akhtar, N., Jabeen, Q., Saeed, T., Shah, S.M.A., Ahmed, K., Shaheen, G., Asif, H.M. 2011. Zingiber officinale Roscoe (pharmacological activity). Journal of Medicinal Plants Research 5 (3): 344-348.

Sari, Dewi & Anas Nasuha. 2011 Kandungan Zat Gizi, Fitokimia, dan Aktivitas Farmakologis pada Jahe (Zingiber officinale Rosc).

Santoso, H.B. 2008. Ragam dan Khasiat Tanaman Obat. Yogyakarta: PT Agromedia Pustaka.