PENDAMPINGAN CARA BERBICARA YANG SOPAN DAN SANTUN TERHADAP ANAK SEKOLAH DASAR 200409

Isi Artikel Utama

Ria Damayanti
Sri Mahrani Harahap
Hotma Widia Safitri Harahap
Lola Sapitri Siregar

Abstrak

Salah satu pendidikan karakter yang terdapat di sekolah adalah terjalinnya sikap sopan santun yang dilakukan oleh siswa kepada lingkungan sekitarnya di sekolah. Sopan santun adalah aktivitas seseorang yang  dapat diamati oleh orang lain atau instrument penelitian terhadap suatu perangsang atau situasi yang dihadapi berkaitan dengan hubungan kemasyarakatan, meliputi menghormati guru/orang yang lebih tua dari kita, tolong menolong dan menghargai orang lain, perilaku sopan santun merupakan cerminan dari akhlak yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian, analisis deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Proses merawat nilai-nilai sopan santun di lingkungan pendidikan mempunyai beberapa prosedur, mekanisme, rangkaian kegiatan, urutan pelaksanaan, desain, ruang dan waktu, yang dilakukan secara terus menerus. Tujuan di adakannya Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesopan dan santunan anak. Jenis pengajaran yang digunakan adalah mensosialisasikan dan mengajarkan indikator sopan dan santun seperti menghormati orang yang lebih tua, tidak berkata kasar, mengucapkan terimakasih ketikan sudah menerima bantuan dari orang lain, meminta izin ketika ingin keluar kelas dan lain sebagainya. Dengan pelatihan ini, maka dapat meningkatkan kesopan dan santunan pada anak.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Damayanti, Ria, Sri Mahrani Harahap, Hotma Widia Safitri Harahap, dan Lola Sapitri Siregar. “PENDAMPINGAN CARA BERBICARA YANG SOPAN DAN SANTUN TERHADAP ANAK SEKOLAH DASAR 200409”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 229–233. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/375.
Bagian
adam

Referensi

Supriyadi, M. (2019). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNJA).

Iwan, I. (2020). MERAWAT SIKAP SOPAN SANTUN DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, A. R., & Rafiq, A. (2019). Etika Komunikasi dalam menggunakan Media Sosial. Jurnal Global Komunika, 1(1), 14-24.

Weda, B., & Purana, I. ETIKA BERBICARA DALAM SASTRA HINDU. UNIVERSITAS UDAYANA BIDANG SASTRA & BUDAYA, 11.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama