MEMPERKENALKAN VOCABULARY MELALUI LAGU PADA ANAK SD

Isi Artikel Utama

Sergina Pohan
Aprida Irmayana
Nur Husainah
Fauzi Bayu Saputra

Abstrak

Vocabularies atau kosa kata adalah salah satu hal yang penting yang harus di pahami untuk mempelajari bahasa. Karena tanpa memahami kosa kata, akan mempersulit kita dalam pembelajaran.Salah satu upaya yang dapat dilakukan  adalah dengan memperkenalkan bahasa Inggris terutama kosakata melalui lagu. Selain sebagai media, lagu juga menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dari hasil pengabdian masyarakat yang di lakukan, Lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menarik minat siswa untuk meningkatkan vocabulary bahasa inggris siswa serta meningkatkan daya ingat dan memahami kosakata secara efektif. Dengan lagu juga bisa membantu untuk mengembangkan pronounciation skills dengan intonasi yang baik. Anak anak akan lebih menyukai cara belajar seperti ini karena suasana lebih menyenangkan dan tidak bosan. Nada nada yang terdapat di dalam lagu akan membuat suasana hati yang gembira. Membuat anak nyaman dan mulai terbuai dengan nada serta bahasa yang di sampaikan . Belajar kosa kata dengan menggunakan lagu adalah cara balajar bahasa Inggris cepat yang akan membuat anak anak merasa senang dan terus ingin belajar. Dari hasil pengabdian masyarakat yang telah di lakukan, lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak.


Vocabularies atau kosa kata adalah salah satu hal yang penting yang harus di pahami untuk mempelajari bahasa. Karena tanpa memahami kosa kata, akan mempersulit kita dalam pembelajaran.Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memperkenalkan bahasa Inggris terutama kosakata melalui lagu. Selain sebagai media, lagu juga menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dari hasil pengabdian masyarakat yang di lakukan, Lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menarik minat siswa untuk meningkatkan vocabulary bahasa inggris siswa serta meningkatkan daya ingat dan memahami kosakata secara efektif. Dengan lagu juga bisa membantu untuk mengembangkan pronounciation skills dengan intonasi yang baik. Anak anak akan lebih menyukai cara belajar seperti ini karena suasana lebih menyenangkan dan tidak bosan. Nada nada yang terdapat di dalam lagu akan membuat suasana hati yang gembira. Membuat anak nyaman dan mulai terbuai dengan nada serta bahasa yang di sampaikan . Belajar kosa kata dengan menggunakan lagu adalah cara balajar bahasa Inggris cepat yang akan membuat anak anak merasa senang dan terus ingin belajar. Dari hasil pengabdian masyarakat yang telah di lakukan, lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pohan, Sergina, Aprida Irmayana, Nur Husainah, dan Fauzi Bayu Saputra. “MEMPERKENALKAN VOCABULARY MELALUI LAGU PADA ANAK SD”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 24, 2022): 304–308. Diakses April 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/386.
Bagian
adam

Referensi

Rada Semarang,Id. ( 2019)Mengajar vocabulary menggunakan lagu berbahasa Inggris. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2020/08/19/mengajar-vocabulary-menggunakan-lagu-berbahasa-inggris/

RA Wibowo.(2018) Mengajar vocabulary dengan lagu berbahasa Inggris https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/SD/article/download/2525/2494

Pulukadang, WT & Laiya, SW. (2010). “Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Gerak dan Lagu Pada Anak Kelompok B di TK Pembina Kecamatan Kota Selatan Gorontalo”

Shen, C. (2009). Using English songs: An enjoyable and effective approach to ELT” English Language Teaching, Vol 2 Issue 1, 88-94.

Sophya IV. (2013). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini” STAIN Kudus Vol I No I Juli-Desember 2013 Suyatno, K. (2010). English for Young