IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 SD AL WASHLIYAH 87 LEDONG TIMUR

Isi Artikel Utama

Parlindungan Sitorus
Elza LL Saragih
Vera Sanny Br Siahaan
Uli Astry Tambunan
Alfis Syaputri
Eka Sari Siagian
Anggi Mei Sarah

Abstrak

Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, akibatnya banyak kegiatan masyarakat  berubah, termasuk bidang pendidikan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring.Sekolah, guru dan siswa  masih banyak belum siap untuk mengikuti pembelajaran daring , disebabkan banyak hal, seperti masalah tidak mampu membeli perangkat smartphone atau komputer,  penguasaan IT ,  jaringan internet yang tidak memadai,dan tidak mampu untuk membeli kuota internet, mengakibatkan banyak anak sekolah tertinggal dalam pembelajaranl. Untuk mengejar ketertinggalan dalam bidang pendidikan,pemerintah melalui  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM) berisi  delapan program  salah satunya adalah kegiatan Kampus  Mengajar. Kampus Mengajar melibatkan mahasiswa dan dosen dari semua Perguruan Tinggi untuk terjun secara langsung ke sekolah yang sudah ditetapkan  untuk membantu pendidikan  khususnya untuk Sekolah Dasar sederajat  dan Sekolah Menengah Pertama  sederajat.


 


Kegiatan kampus mengajar dimulai dengan tahap observasi, dengan tujuan untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan ,  dan kendala apa yang dialami sekolah, sehingga  fokus untuk perbaikan dapat dirancang dengan baik, dengan tujuan  kegiatan  menjadi tepat sasaran, dan mampu meningkatkan kompetensi siswa, guru dan tenaga kependidikan disekolah. Tahapan kegiatan dalam kampus mengajar angkatan 2 di SD Al Washliyah 87 Ledong Timur  adalah sebagai berikut : (1) tahap survey, (2) analisis kebutuhan, (3)Persiapan perangkat  pendukung kegiatan, (4) pelaksanaan, (5) Refleksi dan evaluasi . Untuk fokus kegiatan yang dilaksanakan dalam program kampus mengajar angkatan 2  ini meliputi empat kegiatan antara lain : (1) meningkatkan Literasi siswa, (2) meningkatkan numerasi siswa, ( 3) perbaikan administrasi sekolah, dan (4) adaptasi teknologi. Dari hasil kegiatan yang sudah dilaksanakan , diperoleh bahawa kemampuan Numerasi siswa masih rendah, siswa masih sangat susah untuk melakukan perhitungan dan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Untuk kemampuan  Literasi juga masih  rendah hal ini disebabkan masih ditemukan  siswa yang belum lancar membaca dan menulis. Kegiatan adaptasi  teknologi diperuntukkan untuk guru dan tenaga kependidikan, diperoleh hasil gambaran bahwa guru dan tenaga kependidikan mampu memahami beberapa program IT, seperti menggunakan zoom, google meet, dan mengarsipkan file  dalam google drive.  Hasil yang diperolah dalam kegiatan ini adalah guru sudah mampu membuka email, membuka zoom, membuka google meet, dan sudah mampu mengarsipkan data dalam google drive.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sitorus, Parlindungan, Elza LL Saragih, Vera Sanny Br Siahaan, Uli Astry Tambunan, Alfis Syaputri, Eka Sari Siagian, dan Anggi Mei Sarah. “IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 SD AL WASHLIYAH 87 LEDONG TIMUR”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 15, 2022): 54–61. Diakses Oktober 6, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/970.
Bagian
adam

Referensi

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi Mahasiswa matematika calon guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika237

http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/22

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021

Ely Nastiti, F dan Ni’mal’Abdu, A.R . 2020. Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 5 No. 1.

Fitriana, E., & Khoiri Ridlwan, M. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1284–1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137

Yusnaini, Y & (.2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang